Ini 5 Tips Agar Tidak Kehilangan Berat Badan selama Puasa

Senin, 11 Maret 2024 | 10:04 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 5 Tips Agar Tidak Kehilangan Berat Badan selama Puasa

ILUSTRASI. Menurunkan berat badan


TIPS & TRIK - JAKARTA. Simak tips agar berat badan tidak turun saat menjalani ibadah puasa. Anda perlu mengetahui beberapa aturan agar berat badan stabil atau bertambah saat tubuh tidak menerima asupan makanan.

Puasa menjadi salah sau kegiatan ibadah di bulan Ramadan untuk membatasi asupan makan dan minum dalam sehari.

Tentunya, tubuh hanya mendapatkan asupan saat malam hari dan saat datang waktu sahur.

Hal tersebut tentu bisa mengakibatkan tubuh bisa mendapatkan asupan defisit kalori, yang mengakibatkan berat badan stabil atau turun.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penurunan berat badan saat berpuasa, di antaranya adalah asupan kalori dan aktivitas fisik.

Baca Juga: Gejala Kolesterol Tinggi yang Muncul di Mata, Dada, & Hati, Waspada!

Tips menjaga berat badan selama puasa

Tips menjaga berat badan

Meskipun berpuasa, jika asupan kalori tetap tinggi dan tidak terkontrol, maka berat badan tidak akan turun. Oleh karena itu, pastikan untuk memperhatikan jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur.

Apabila makanan yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur mengandung banyak gula, lemak, dan garam, maka berat badan tidak akan turun. Sebaiknya konsumsi makanan yang sehat dan seimbang seperti sayuran, buah-buahan, dan protein tanpa lemak.

Saat berpuasa, tubuh akan kehilangan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki atau yoga.

Baca Juga: Jadi Obat Tradisional Melawan Bakteri, Ini Aturan Minum Madu untuk Atasi Asam Lambung

Berikut ini beberapa tips agar berat badan tidak turun saat puasa yang dirangkum melalui laman Healthline.

1. Latihan Pembentukan Otot

Konsistensi dalam berolahraga dapat membantu tubuh menyerap nutrisi dengan lebih efektif. Salah satu strategi adalah melakukan latihan beban secara teratur untuk merangsang pertumbuhan otot dan menjaga berat badan.

2. Asupan Kalori yang Cukup

Meskipun sedang berpuasa, tetap penting untuk mendapatkan asupan kalori yang mencukupi guna membangun otot dan mencegah penurunan berat badan. Pilih makanan yang kaya akan protein, karbohidrat, dan lemak sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, daging, ikan, dan telur.

Anda dapat menghitung kalori yang diperlukan saat berbuka puasa dan sahur.

3. Pilih Makanan Sehat

Selain memperhatikan asupan kalori, penting juga untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Makanan seperti sayuran, buah-buahan, dan sumber protein tanpa lemak dapat membantu dalam proses pembentukan otot. Pilihlah sumber protein hewani untuk sahur dan berbuka puasa.

4. Pertimbangkan Suplemen

Beberapa suplemen seperti whey protein, kreatin, dan beta-alanine dapat membantu meningkatkan massa otot dan kinerja olahraga. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi suplemen.

5. Istirahat yang Cukup

Anda bisa memberikan tubuh waktu istirahat yang cukup selama bulan puasa. Tidur yang cukup dan teratur membantu dalam produksi hormon pertumbuhan yang penting untuk pembentukan otot.

Dari panduan dan tips di atas dapat dicoba untuk menjaga berat badan tidak turun saat menjalani ibadah puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru