Ini 6 Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Login atau Dibuka oleh Pengguna

Selasa, 06 Juni 2023 | 10:25 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 6 Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Login atau Dibuka oleh Pengguna

ILUSTRASI. Ini 6 Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Login atau Dibuka oleh Pengguna


TIPS & TRIK - JAKARTA. Cara mengatasi DANA tidak bisa login oleh pengguna. Nah, pengguna bisa ikuti langkah praktis saat mengalami gangguan di aplikasi ini.

Aplikasi DANA adalah sebuah platform pembayaran digital yang populer di Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi DANA, pengguna dapat melakukan berbagai transaksi keuangan secara mudah dan aman.

Aplikasi DANA memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer uang secara instan ke rekening bank lain atau ke sesama pengguna DANA.

Fitur ini sangat berguna untuk pembayaran kepada teman, keluarga, atau bahkan untuk keperluan bisnis.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Top Up DANA melalui BCA, BNI, BRI, sampai Mandiri

Cara mengatasi DANA tidak bisa dibuka

DANA memudahkan pengguna untuk membayar tagihan rutin, seperti tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan internet, dan sebagainya.

Pengguna dapat memasukkan nomor tagihan secara manual atau memindai barcode/tagihan menggunakan kamera ponsel untuk memproses pembayaran dengan cepat.

Setiap pengguna DANA bisa memakai fitur dan layanan dengan 2 jenis akun DANA Premium dan Basic. Aplikasi DANA dapat digunakan dengan mudah melalui HP Android dan iPhone sesuai dengan versi terbarunya.

Adakalanya pengguna menemui masalah di aplikasi DANA seperti tidak bisa login atau gagal dengan PIN.

Berikut ini beberapa cara mengatasi DANA tidak bisa login atau dibuka oleh pengguna.

Baca Juga: 3 Cara Transfer Bank Mandiri ke DANA melalui Mobile Banking hingga ATM

Cara mengatasi DANA tidak bisa login

1. Perbarui aplikasi

Pengguna bisa dengan mudah memperbarui aplikasi DANA dan memutakhirkan berbagai fungsi sesuai sistem terbaru.

Buka Play Store atau App Store kemudian cari aplikasi DANA kemudian klik Update sehingga muncul hingga proses update aplikasi selesai.

2. Cek kompatibilitas aplikasi

Bagi pengguna Android, aplikasi DANA bisa dijalankan melalui versi Android ke atas. Nah, aplikasi ini tak bisa login kemudian, cek apakah HP sudah berjalan pada versi minimal Android yang ditentukan oleh pengembang aplikasi.

3. Cek koneksi Internet

Aplikasi DANA membutuhkan koneksi Internet yang stabil untuk menjalankan berbagai fitur dan layanannya. Karenanya, pastikan menggunakan koneksi Internet yang stabil.

Pengguna dapat mengganti koneksi dari yang semula menggunakan data seluler menjadi Wi-Fi atau sebaliknya. Selanjutnya, pengguna bisa menjalankan aplikasi dan periksa apakah layanan DANA sudah bisa akses kembali.

4. Restart HP

Cara yang tak kalah praktis untuk mengatasi aplikasi DANA tidak bisa login adalah dengan memulai ulang HP. Dengan cara ini, diharapkan aplikasi bisa diakses setelah ponsel memulai ulang.

Pengguna bisa menekan tombol power dan memilih opsi Restart pada HP Saat ponsel kembali menyala, buka DANA untuk memastikan aplikasi tersebut sudah bisa login atau mengalami gangguan.

5. Hapus cache

Pengguna dapat menghapus cache aplikasi bisa mengatasi DANA tidak bisa login atau dibuka. Pengguna bisa mengikuti langkah mudah melalui menu Pengaturan di HP.
Cari pengaturan aplikasi atau manajemen aplikasi, lalu cek Hapus cache.

6. Laporkan ke Customer Service

Terakhir, pengguna bisa menghubungi nomor customer service dari DANA melalui 1500 445 atau kunjungi laman DANA.id dengan browser.

Ungkap keluhan seperti aplikasi yang sulit untuk dibuka atau adanya notifikasi gangguan lainnya.

Demikian beberapa cara mengatasi DANA tidak bisa login atau dibuka oleh pengguna dengan praktis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru