Ini 6 Cara Mengatasi Story Instagram Tidak Tersedia dan Penyebabnya

Selasa, 08 Oktober 2024 | 09:57 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 6 Cara Mengatasi Story Instagram Tidak Tersedia dan Penyebabnya

ILUSTRASI. Ilustrasi Instagram/Pexels/Mayara Klinger


TIPS & TRIK - JAKARTA. Intip cara mengatasi story Instagram tidak tersedia. Pengguna bisa saja menemui masalah adanya cerita atau story IG yang tidak berhasil muncul.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang semakin bertambah penggunanya di seluruh dunia. Salah satu fitur yang populer dari platform ini adalah berbagi cerita 24 jam dengan fitur Story Instagram.

Untuk memastikan cerita Instagram tersedia dan dapat dilihat, ada beberapa hal yang perlu diperiksa, seperti koneksi internet, status akun, dan kondisi teknis aplikasi Instagram.

Baca Juga: Cara Download Reels Instagram Melalui SnapInsta, Sudah Coba?

Story Instagram

Cerita Instagram yang tidak dapat diakses seringkali disebabkan oleh koneksi internet yang tidak stabil atau masalah teknis pada aplikasi.

Pengguna juga dapat mengecek apakah cerita tersebut telah disimpan dalam sorotan pemilik akun, atau mencoba langkah-langkah pemecahan masalah seperti menghapus cache aplikasi dan memperbarui aplikasi ke versi terbaru.

Penyebab story Instagram tidak tersedia

Cerita Instagram yang tidak tersedia bisa disebabkan oleh beberapa faktor:

  • Koneksi Internet: Jika jaringan internet Anda lambat atau tidak stabil, cerita Instagram mungkin tidak dapat dimuat dengan benar.
  • Bug Aplikasi: Terkadang, bug atau masalah teknis pada aplikasi Instagram itu sendiri dapat menyebabkan cerita tidak muncul. Ini bisa diatasi dengan memperbarui aplikasi atau melakukan reinstall.
  • Konten Dihapus atau Kadaluarsa: Pengguna mungkin telah menghapus cerita, atau cerita tersebut telah kadaluarsa (lebih dari 24 jam), sehingga tidak lagi tersedia.
  • Akun Pengguna Dibatasi: Jika pemilik cerita telah memblokir Anda atau mengatur privasi untuk membatasi siapa yang bisa melihat cerita, Anda tidak akan dapat mengaksesnya.

Nah, setelah mengenal beberapa penyebab cerita tidak tersedia pada Instagram, Anda wajib tahu panduan ini.

Baca Juga: Live Instagram Sekarang Bisa Dilihat Hanya Close Friends, Begini Cara Pakainya

Cara mengatasi story Instagram tidak tersedia

Ada beberapa langkah yang bisa dicoba untuk mengatasi story Instagram tidak muncul, dirangkum dari laman QQ Tube.

1. Periksa koneksi internet

Koneksi yang buruk dan tidak stabil dapat menyebabkan masalah dalam memuat cerita Instagram. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil atau sinyal data seluler yang kuat.

Anda dapat mencoba untuk me-restart modem Anda, atau pindah lebih dekat ke router untuk sinyal yang lebih kuat. Jika menggunakan perangkat iPhone atau Android, cobalah menghidupkan dan mematikan mode pesawat untuk mereset koneksi.

2. Periksa sorotan pemilik akun

Apabila cerita sudah kadaluarsa dan Anda ingin melihatnya, Anda bisa mengunjungi profil pemilik akun dan melihat apakah menambahkan cerita tersebut ke sorotan. Anda bisa memeriksa sorotan di bawah teks bio dan gambar profil.

Jika cerita ditambahkan ke sorotan, cerita tersebut akan tetap ada sampai pengguna menghapusnya. Jika Anda tidak menemukan cerita Instagram di sorotan, kemungkinan pengguna tidak menambahkannya, sehingga Anda tidak bisa melihatnya lagi.

3. Lihat cerita dari akun lain

Ketika Anda tahu bahwa telah diblokir oleh seseorang dan masih ingin melihat cerita Instagram pengguna lain, Anda bisa menggunakan akun lain untuk melihatnya.

4. Hapus cache Instagram

Jika masalah "Cerita tidak tersedia" disebabkan oleh gangguan teknis pada aplikasi Instagram Anda, Anda bisa menghapus cache aplikasi untuk menyegarkan dan mungkin memperbaiki kesalahan tersebut. Caranya, buka Pengaturan > Aplikasi > Instagram, lalu ketuk Hapus Cache.

5. Keluar dan masuk kembali ke akun Instagram

Terkadang masalah teknis memiliki solusi yang sederhana. Keluar dan masuk kembali ke akun Anda akan menyegarkan sesi dan memperbaiki gangguan sementara.

6. Perbarui aplikasi Instagram

Saat Anda menggunakan versi lama dari aplikasi Instagram, pastikan untuk memperbarui ke versi terbaru. Anda perlu menghapus dan menginstal ulang aplikasi. Ini adalah beberapa tips dasar pemecahan masalah untuk masalah dengan aplikasi Instagram Anda.

Itulah penjelasan terkait mengatasi story Instagram tidak tersedia yang bisa dicoba oleh pengguna.

Selanjutnya: Samsung Electronics Meminta Maaf atas Penurunan Laba dan Kesulitan di Pasar Chip AI

Menarik Dibaca: Mendaki Lagi, Harga Emas Antam Naik Rp 3.000 Hari Ini 8 Oktober

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru