Ini 6 Ramuan Masker Wajah untuk Kulit Kering dengan Bahan Alami

Rabu, 22 November 2023 | 11:27 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 6 Ramuan Masker Wajah untuk Kulit Kering dengan Bahan Alami

ILUSTRASI. Ini 6 Ramuan Masker untuk Kulit Kering dengan Bahan Alami


PERAWATAN KULIT WAJAH - JAKARTA. Simak ramuan masker untuk kulit kering dengan bahan alami. Kondisi kulit wajah dengan karakter kering memerlukan beberapa perawatan yang cukup.

Kulit kering merupakan kondisi kulit yang kurang mendapatkan kelembaban yang cukup, sehingga kulit menjadi kasar, pecah-pecah, terasa kencang, dan mungkin terlihat bersisik.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit kering antara lain cuaca yang ekstrem, paparan sinar matahari berlebihan, penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok, atau faktor internal seperti dehidrasi atau kondisi medis tertentu.

Setiap individu dapat memiliki kombinasi dari jenis-jenis kulit tersebut, dan perlu diingat bahwa kebutuhan kulit dapat berubah seiring waktu.

Baca Juga: 5 Kegunaan Pepaya untuk Wajah yang Keren, Bisa Bikin Glowing

Penting untuk mencoba berbagai produk dan metode perawatan untuk menemukan apa yang paling efektif untuk kulit wajah kering Anda.

Perawatan kulit kering

kulit kering di sekitar mulut

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu merawat kulit kering:

  • Pilih Produk Perawatan Kulit yang Sesuai: Gunakan pembersih ringan dan bebas alkohol untuk menjaga kelembaban kulit. Pilih pelembab yang kaya akan bahan-bahan seperti gliserin, hyaluronic acid, dan minyak alami untuk membantu menjaga kelembaban kulit.
  • Hindari Air Panas dan Sabun yang Keras: Mandi dengan air hangat, bukan air panas, karena air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit. Gunakan sabun ringan atau pembersih yang dirancang khusus untuk kulit kering.
  • Gunakan Minyak Alami: Minyak alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak almond dapat digunakan sebagai pelembab tambahan untuk kulit kering.
  • Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebihan: Gunakan tabir surya setiap kali berada di luar ruangan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan kulit lebih kering.
  • Minum Cukup Air: Pastikan Anda cukup minum air setiap hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kulit yang terhidrasi dengan baik lebih mungkin tetap lembap.
  • Hindari Pakaian yang Menggosok Kulit: Pilih pakaian yang lembut dan hindari bahan yang dapat menyebabkan gesekan berlebih pada kulit.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Ciplukan bagi Kesehatan yang Luar Biasa

Masker untuk kulit kering

Untuk itu, Anda bisa mencoba beberapa bahan alami untuk dipakai sebagai masker untuk kulit kering dan sensitif.

Bahan-bahan ini mudah dijumpai di rumah maupun supermarket dengan harga murah. Pastinya Anda perlu melakukannya secara rutin untuk mendapatkan kulit yang terhidrasi.

Simak daftar ramuan masker wajah untuk kulit kering dengan bahan alami dirangkum dari laman Everyday Health.

1. Oatmeal

Anda dapat membuat masker alami untuk kulit kering menggunakan oatmeal. Coba rendam diri Anda dalam air hangat yang telah dicampur dengan oatmeal. Dengan cara ini, kelembaban kulit dapat pulih, dan masalah kulit lainnya dapat sembuh.

2. Susu

Apakah Anda tahu bahwa susu dapat digunakan untuk mengatasi kulit yang kering dan iritasi? Manfaat ini berasal dari kandungan antiinflamasi dalam susu. Selain itu, asam laktat yang terdapat di dalamnya efektif membersihkan sel kulit mati yang dapat menghambat kelembaban kulit.

Untuk memulainya, rendam handuk dalam susu dingin dan gunakan sebagai kompres di area kulit yang kering. Biarkan selama lima hingga 10 menit, dan lakukan secara teratur.

3. Minyak Kelapa

Salah satu masker untuk kulit kering yang sangat baik adalah minyak kelapa, terutama untuk area kulit yang lebih kering seperti tumit dan tangan. Anda dapat mengoleskan minyak kelapa pada kulit sebelum tidur. Untuk hasil maksimal, coba tutup dengan kaus kaki.

4. Minyak Zaitun dan Gula

Cara mengatasi kulit wajah yang kering dapat dilakukan dengan menggunakan campuran minyak zaitun dan gula. Campurkan ½ gelas gula dengan 2 sendok makan minyak zaitun, aduk hingga merata. Gosokkan masker untuk kulit kering ini secara perlahan ke kulit. Setelah dibilas, jangan lupa menggunakan pelembab seperti biasa.

5. Minyak Alpukat

Anda bisa juga membuat ramuan masker kulit kering dengan menggabungkan minyak alpukat dengan air dan ekstrak kunyit.

Para peneliti menemukan bahwa kombinasi ini meremajakan kulit dan mengurangi munculnya kerutan, meskipun tidak jelas apakah terdapat pelembapan yang signifikan.

6. Lidah buaya

Meskipun sering dianggap sebagai pereda sengatan matahari, gel lidah buaya juga dapat membantu mengatasi kulit wajah kering. Ia bekerja dengan mengurangi kemerahan dan iritasi yang berhubungan dengan kekeringan berlebih, dan bahkan dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, serta munculnya jerawat dan cedera kulit, menurut penelitian sebelumnya.

Beberapa orang yang memiliki dermatitis kontak alergi, sejenis eksim, terhadap lidah buaya, jadi Anda mungkin ingin melakukan uji tempel sebelum mengaplikasikannya ke area kulit.

Itulah daftar ramuan masker untuk kulit kering pada wajah dengan bahan alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru