Ini 6 Tips Minum Kopi saat Bulan Puasa beserta Waktu yang Tepat

Senin, 11 Maret 2024 | 11:08 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 6 Tips Minum Kopi saat Bulan Puasa beserta Waktu yang Tepat

ILUSTRASI. Tips minum kopi di Bulan Puasa beserta Waktu yang Tepat. REUTERS/David Gray/Illustration


KESEHATAN - JAKARTA. Simak tips minum kopi dan waktu yang tepat saat bulan puasa. Jika Anda seorang peminum kopi, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghindari perasaan tidak enak saat Anda berhenti minum kopi di pagi hari.

Anda bisa mencoba secara bertahap untuk minum 2 cangkir tanpa kafein dengan mengikuti cara sebelumnya. Ini merupakan setengah tanpa kafein, setengah berkafein hingga semuanya tanpa kafein.

Selain itu, ada rekomendasi untuk meminum secangkir kafein dua jam setelah buka puasa untuk mempersiapkan diri menghadapi rutinitas Ramadhan.

Ada beberapa tips yang mudah dengan minum kopi beserta waktu yang tepat di bulan puasa, dilansir dari Nestle Family.

Baca Juga: Tips Menambah Darah dengan 8 Buah dalam Pencegahan Anemia

Waktu Terbaik minum kopi

Kopi

- Anda perlu menghindari minum kopi saat berbuka puasa. Kafein dapat memicu keluarnya cairan lambung saat perut masih kosong, sehingga bisa melukai lapisan lambung.

- Konsumsi kopi dua jam setelah berbuka puasa. Ini memberi waktu bagi tubuh Anda untuk mencerna makanan dan menyesuaikan kadar gula darah.

- Jika Anda ingin minum kopi di malam hari, pilihlah kopi decaf (tanpa kafein) sebelum tidur. Kopi decaf tetap mengandung antioksidan bermanfaat.

- Saat sahur, Anda bisa minum kopi bersama dengan makanan sahur yang seimbang. Ini akan membantu Anda tetap waspada sepanjang hari selama berpuasa.

Baca Juga: Catat 8 Makanan Penyebab Migrain yang Perlu Dikurangi

Tips minum kopi saat bulan puasa

Simak panduan mudah untuk minum kopi yang bisa dilakukan selama bulan Ramadan. 

1. Anda perlu batasi konsumsi kopi selama bulan puasa. Artinya, ini bisa saja menyebabkan dehidrasi dan mengganggu pola tidur.

2. Anda perlu memilih kopi hitam tanpa gula atau krimer. Anda perlu mengurangi Gula dan krimer tambahan dapat meningkatkan kalori dan memperlambat metabolisme.

3. Pastikan untuk minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Kopi bersifat diuretik, yang berarti dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil dan dehidrasi.

4. Apabila Anda merasa pusing, sakit kepala, atau gelisah setelah minum kopi, hentikan konsumsi kopi dan konsultasikan dengan dokter.

5. Orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti asam lambung tinggi, insomnia, dan penyakit jantung, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum minum kopi di bulan puasa.

6. Ibu hamil dan menyusui juga disarankan untuk tidak minum kopi atau membatasi konsumsi kopi seminimal mungkin.

Ingatlah bahwa asupan makanan yang seimbang dan sehat serta pengisian cairan yang cukup merupakan kunci untuk memberikan energi yang dibutuhkan tubuh.

Nah, kopi dapat menjadi dorongan yang Anda butuhkan, untuk meningkatkan rasa waspada dan konsentrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru