Ini 7 Cara Menambah Berat Badan dengan Pola Hidup Sehat

Sabtu, 25 November 2023 | 09:35 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 7 Cara Menambah Berat Badan dengan Pola Hidup Sehat

ILUSTRASI. Ini 7 Cara Menambah Berat Badan dengan Pola Hidup Sehat


Cara Menambah Berat Badan - JAKARTA. Pahami cara menambah berat badan dengan pola hidup sehat. Kondisi berat badan yang tidak ideal dapat dikenali dari persebaran lemak maupun hitungan denagn standar tertentu.

Menambah berat badan adalah proses untuk meningkatkan massa tubuh seseorang sehingga mencapai tingkat berat yang dianggap sehat atau ideal untuk kondisi fisik dan kesehatan yang optimal.

Tujuan menambah berat badan seringkali diperlukan untuk orang yang dianggap kurang berat badan atau mengalami kekurangan nutrisi.

Proses ini melibatkan kombinasi pola makan yang tepat, konsumsi nutrisi yang mencukupi, dan dalam beberapa kasus, program latihan fisik untuk membangun massa otot.

Baca Juga: 7 Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh yang Tersembunyi, Catat Ya!

Cara menambah berat badan dengan sehat

Berat badan

Pentingnya menambah berat badan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kebutuhan untuk:

  • Meningkatkan Kesehatan: Untuk orang yang berada di bawah berat badan ideal, menambah berat badan dapat meningkatkan kesehatan umum dan kekuatan tubuh.
  • Memperbaiki Kondisi Medis: Beberapa kondisi medis seperti kekurangan gizi, gangguan makan, atau masalah metabolik dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak diinginkan. Menambah berat badan dapat membantu memperbaiki kondisi-kondisi ini.
  • Meningkatkan Energi dan Stamina: Berat badan yang cukup penting untuk menjaga tingkat energi dan stamina sehari-hari, terutama untuk aktivitas fisik dan kegiatan sehari-hari.

Proses menambah berat badan harus dilakukan secara sehat dan terkendali, melibatkan peningkatan asupan kalori, protein, lemak sehat, dan nutrisi lainnya.

Penting juga untuk memperhatikan pola makan yang seimbang dan tetap menjaga kebugaran fisik melalui latihan teratur. 

Simak kiat dan cara menambah berat badan dengan polsa hidup sehat dirangkum dari laman LLS Nutrition.

Baca Juga: 8 Makanan yang Direkomendasikan untuk Penderita Stroke, Kurangi Natrium & Garam

1. Makan Secara Rutin

Anda perlu makan setiap 2-3 jam dalam porsi kecil hingga sedang saat Anda tidak merasa lapar. Ini juga bisa dibantu dengan pengingat waktu untuk makan.

Anda bisa menyiapkan cemilan sehat sehingga bisa makan kapan pun Anda merasa lapar.

2. Konsumsi Protein Lebih Banyak

Mulai dengan memilih makanan tinggi protein seperti ayam, ikan, daging, telur, kacang-kacangan, dan tahu. Konsumsi makanan ini terlebih dahulu saat makan, terutama jika Anda cenderung cepat kenyang.

Gunakan smoothie dan minuman shake dari buah dan sayuran hijau untuk menambah kalori dan protein.

3. Tambahkan Susu sehat

Konsumsi susu full cream, susu bubuk, protein powder, selai kacang, atau yoghurt pada smoothie dan shake untuk kalori dan protein tambahan.

Cari suplemen nutrisi cair siap pakai di toko kelontong atau apotek. Tanyakan kepada ahli gizi terdaftar jenis yang terbaik untuk Anda.

4. Tambahkan Lemak pada menu

Gunakan mentega, minyak, mayones, sour cream, dan saus salad secara berlimpah. Gunakan minyak zaitun maupun mentega yang rendah lemak trans saat memasak alih-alih semprotan anti lengket.

Tambahkan selai kacang atau cream cheese pada makanan dan camilan. Pastikan Anda tidak konsumsi makanan tinggi lemak secara berlebihan.

5. Sedia camilan sehat

Saat di luar rumah, bawa camilan seperti bar granola, biskuit selai kacang, keju, atau kacang-kacangan agar Anda tidak perlu menunggu untuk makan.

Di rumah, sediakan stok camilan favorit Anda, dan letakkan camilan di tempat yang terlihat sebagai pengingat untuk makan dan merangsang selera makan.

6. Bangun massa otot

Gunakan latihan kekuatan untuk membangun massa otot. Mulailah dengan latihan yang bisa dilakukan saat duduk.

Minta rujukan ke fisioterapis, terutama jika Anda memiliki masalah mobilitas. Bicarakan dengan tim kesehatan Anda sebelum memulai rencana latihan apa pun.

7. Istirahat cukup

Setiap program atau langkah dari konsumsi makan hingga olahraga perlu dibarengi dengan istirahat. Anda perlu tetap mengistirahatkan tubuh agar metabolisme dan irama sikardian tetap terjaga.

Konsumsi karbohidrat yang lebih dari biasanya tentu tidak boleh dibarengi dengan pola hidup yang tidak sehat seperti begadang.

Itulah panduan dari cara menambah berat badan dengan pola hidup sehat yang dapat Anda coba.

Selanjutnya: Sebaiknya Hindari 5 Perawatan Wajah Ini Jika Mau Kulit Flawless di Hari Nikah

Menarik Dibaca: Sebaiknya Hindari 5 Perawatan Wajah Ini Jika Mau Kulit Flawless di Hari Nikah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru