Ini 7 Cara Mengatasi Kamera HP Tidak Berfungsi untuk Memotret

Senin, 17 Juni 2024 | 11:16 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 7 Cara Mengatasi Kamera HP Tidak Berfungsi untuk Memotret

ILUSTRASI. Kamera HP tidak bisa digunakan


GADGET - JAKARTA. Intip cara mengatasi kamera HP Tidak berfungsi dengan baik. Saat pengguna HP ingin mengabadikan momen penting dengan cepat, tidak ada yang lebih mengecewakan ketika kamera HP tiba-tiba tidak berfungsi.

Masalah ini bisa sangat mengganggu, terutama di era digital ini di mana kamera HP telah menjadi alat utama untuk mengambil foto dan video.

Berbagai masalah dapat menyebabkan kamera HP tidak berfungsi, mulai dari aplikasi yang tidak responsif hingga pengaturan yang tidak tepat atau bahkan gangguan perangkat keras.

Anda dapat mengetahui cara mengatasi masalah kamera yang tidak berfungsi bisa menjadi penyelamat saat momen-momen berharga menunggu untuk diabadikan

Baca Juga: Catat 5 HP dengan Kamera Terbaik Untuk Foto Terbaru dan Berkualitas

Cek Fungsi kamera HP

Cara mengatasi kamera HP tidak berfungsi

Simak cara mengatasi kamera HP tidak berfungsi tiba-tiba, dilansir dari Life Wire.

1. Tutup Aplikasi

Mulailah dengan menutup aplikasi Kamera (atau aplikasi lain yang mengalami masalah kamera) dengan menggesernya dari layar.

2. Paksa Berhenti Aplikasi

Jika menutup aplikasi tidak membantu, tekan dan tahan ikon aplikasi, kemudian ketuk tombol info kecil ⓘ, dan pilih opsi "Paksa berhenti" > OK.

Langkah-langkah ini akan memaksa aplikasi untuk berhenti dan dapat membantu mengatasi masalah kamera pada HP Android Anda.

3. Aktifkan Ulang Tile Akses Kamera

Anda bisa menarik layar dari atas untuk membuka menu Pengaturan. Di sini, Anda akan menemukan tile Akses Kamera yang berada di dekat sakelar lain seperti internet, Mode Pesawat, Bluetooth, dll.

Jika tile ini dalam keadaan aktif, itu akan disorot, seperti yang terlihat pada gambar ketiga di bawah ini. Saat dinonaktifkan, aplikasi yang mencoba menggunakan kamera akan hanya menampilkan layar hitam.

4. Perbarui Aplikasi yang Bermasalah

Saat pembaruan tersedia, buka Play Store di HP Anda, dan instal semua pembaruan aplikasi, terutama untuk aplikasi Kamera dan aplikasi lain yang mengalami kesulitan menggunakan kamera dengan benar.

5. Tutup Aplikasi dengan Izin Kamera

Aplikasi Anda menggunakan kamera di aplikasi Pesan atau Snapchat, Anda mungkin mengalami masalah jika kemudian mencoba merekam video untuk TikTok. Tutup aplikasi tersebut sebelum mencoba menggunakan kamera di aplikasi lain.

6. Reboot Perangkat

Anda bisa menutup aplikasi biasanya sudah cukup untuk menghentikan akses kamera yang tertinggal, tetapi jika ada masalah yang lebih dalam, restart sederhana pada perangkat Anda seharusnya dapat menghapus konflik perangkat lunak dan mengembalikan akses normal ke kamera.

7. Periksa Izin Aplikasi

Aplikasi Kamera itu sendiri memerlukan izin untuk mengakses kamera, dan begitu juga setiap aplikasi lain yang ingin menggunakannya. Pastikan akses kamera sudah diatur untuk setiap aplikasi yang memerlukan, atau Anda akan mengalami masalah saat ingin mengambil gambar atau video.

Apabila beberapa langkah di atas tidak berhasil, Anda dapat mengunjungi konter HP atau service center.

Demikian penjelasan terkait tips dalam mengatasi kamera HP tidak berfungsi secara tiba-tiba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru