Ini 7 Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android beserta Penyebabnya

Senin, 12 Februari 2024 | 13:10 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 7 Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android beserta Penyebabnya

ILUSTRASI. Ini 7 Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android beserta Penyebabnya. KONTAN/Fransiskus Simbolon


SMARTPHONE / PONSEL PINTAR - JAKARTA. Simak cara mengatasi sinyal hilang di HP beserta penyebabnya. Kondisi perangkat dan jaringan dari provider tidak selalu mulus saat pengguna melakukan mobilitas di wilayah tertentu.

Jaringan HP saat ini lebih kuat dan luas dibandingkan sebelumnya, sehingga membuat orang mengakses dengan mudah terhadap percakapan, pesan teks, dan data yang konsisten di HP pengguna.

Sayangnya, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa Anda mengalami masalah sinyal, pertanyaannya adalah mengapa? Ini bisa jadi karena menara seluler atau masalah area jangkauan.

Sinyal hilang di HP atau "no signal" mengindikasikan bahwa HP tidak dapat mendeteksi atau terhubung ke jaringan seluler. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan dan dapat mengakibatkan ketidakmampuan untuk melakukan panggilan, mengirim pesan, atau menggunakan data seluler.

Baca Juga: Inilah 6 Penyebab Nomor Telepon Tidak Bisa Dihubungi beserta Solusinya

Sebelum mengetahui cara mengatasi masalah ini, Anda bisa memahami beberapa penyebab sinyal hilang di HP Android.

Penyebab sinyal hilang di HP Android

no signal

1. Berada di Wilayah Tanpa Layanan

Salah satu alasan mungkin tidak adanya layanan adalah Anda mungkin berada di daerah tanpa cakupan jaringan seluler atau Wi-Fi. Meskipun operator seluler besar telah menginvestasikan banyak uang dalam infrastruktur seperti menara seluler dan teknologi untuk meningkatkan cakupan wilayah, masih mungkin ada wilayah yang tidak tercover pada suatu waktu.

Beruntungnya, sebagian besar penyedia jaringan di Amerika Serikat menawarkan opsi roaming data domestik gratis yang memungkinkan HP beralih otomatis ke jaringan aktif lain jika operator asli tidak berfungsi di wilayah tersebut.

Namun, ada daerah pedesaan di negara ini yang tidak memiliki operator nirkabel dengan jaringan seluler yang stabil. Alasan bisa karena populasi yang rendah (permasalahan pasokan dan permintaan) atau masalah dengan medan, yang dapat menyebabkan layanan terbatas atau bahkan tidak ada sama sekali. Ini sering terjadi di daerah pegunungan yang sulit terjangkau oleh jaringan.

Jika Anda berada di daerah tanpa layanan, satu-satunya cara untuk mendapatkan koneksi adalah meninggalkan daerah tersebut, hal ini perlu diingat.

2. Kerusakan pada Kartu SIM

Meskipun teknologi HP telah berkembang pesat selama 20 tahun terakhir, kartu SIM tetap menjadi komponen penting. Kartu SIM adalah perangkat keras yang memungkinkan HP berinteraksi dengan operator seluler.

Kartu SIM menyimpan informasi pribadi seperti nomor telepon Anda dan memfasilitasi koneksi ke jaringan seluler yang Anda gunakan. Pada HP lama, kartu ini biasanya berbentuk fisik. Jika kartu SIM tidak dimasukkan dengan benar, ini dapat menyebabkan masalah koneksi jaringan.

Saat ini, kartu SIM sering terintegrasi ke dalam HP secara internal, sehingga tidak dapat dikeluarkan. Dalam kasus ini, mungkin ada masalah perangkat keras atau perangkat lunak yang mengakibatkan kegagalan fungsi kartu SIM.

3. Baterai Melemah

Jika Anda membiarkan baterai HP terlalu lemah, berbagai masalah dapat timbul. HP mungkin melambat atau bahkan kehilangan koneksi internet sepenuhnya. HP pintar modern secara efisien mengelola alokasi daya ke komponen yang membutuhkannya, dan jika daya rendah, koneksi jaringan sering menjadi yang pertama terpengaruh.

4. Kesalahan Perangkat Lunak

Terkadang, pada akhirnya, kesalahan pada sistem operasi Anda dapat menyebabkan masalah koneksi HP Anda. Beberapa gangguan yang dilaporkan pada HP Android dan Apple dapat membuat HP kehilangan layanan sepenuhnya.

Gangguan ini kadang-kadang muncul setelah pembaruan atau perubahan perangkat lunak terbaru. Atau masalah perangkat keras dapat menyebabkan konflik dengan perangkat lunak yang berjalan.

Nah, apapun penyebabnya, gangguan sederhana pada sistem dapat menjadi alasan umum kehilangan layanan pada HP dan menyebabkan masalah koneksi jaringan.

Baca Juga: 4 Cara Melihat Nomor Telkomsel Sendiri dengan Aplikasi hingga Trik Lain Tahun 2024

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android

Nah, Anda bisa ikuti beberapa panduan untuk mengatasi Sinyal Hilang berikut ini, dilansir dari Your Navi.

1. Matikan dan Hidupkan Kembali HP

Seperti banyak teknologi lainnya, terkadang langkah terbaik yang dapat diambil adalah mematikan dan menghidupkan kembali perangkat. HP melakukan berbagai proses rumit secara bersamaan, dan seiring waktu, data sementara yang terakumulasi dapat menyebabkan masalah.

Anda bisa mematikan dan menghidupkan kembali HP dengan cepat dapat membantu memperbaiki masalah perangkat lunak, termasuk masalah koneksi jaringan yang bermasalah.

Anda juga dapat mencoba mengatur ulang pengaturan jaringan pada HP, mengembalikannya ke opsi data seluler dan pengaturan jaringan default.

2. Aktifkan dan Nonaktifkan Mode Pesawat

Langkah ini bertujuan sama dengan mematikan dan menghidupkan kembali HP, namun secara khusus mereset koneksi jaringan. Mode pesawat dimaksudkan untuk memutus sinyal eksternal dan mematikan kemampuan data seluler, memungkinkan pengaturan ulang sepenuhnya.

Aktifkan mode pesawat, biarkan sebentar, dan nonaktifkan kembali untuk memberikan HP kesempatan untuk menyusun ulang koneksi.

3. Periksa Kartu SIM

Apabila HP mengalami masalah dengan fungsi kartu SIM, coba keluarkan kartu SIM dan pasang kembali untuk memastikan pemasangan yang benar. Pada HP yang masih menggunakan kartu SIM yang dapat dilepas, langkah ini mungkin memperbaiki masalah koneksi.

Pada HP modern dengan kartu SIM terintegrasi, Anda dapat mencoba memilih operator secara manual melalui pengaturan HP. Pastikan pengaturan roaming data diatur ke pilihan otomatis.

4. Reset ke Pengaturan Pabrik

Nah, masalah persisten, mengatur ulang HP ke pengaturan pabrik dapat menjadi solusi. Ini akan menghapus semua data pribadi dan memberikan awal baru untuk perangkat. Pastikan untuk mencadangkan data sebelum melakukan langkah ini, karena prosesnya bisa memakan waktu berjam-jam.

5. Periksa Kerusakan Air atau Fisik

Apakah HP pernah terkena air atau mengalami kerusakan fisik? Hal ini dapat menyebabkan masalah layanan. Periksa apakah ada tanda-tanda kerusakan akibat air atau fisik dan pertimbangkan untuk menghubungi operator atau produsen untuk evaluasi lebih lanjut.

6. Hubungi Operator atau Produsen

Beberapa langkah-langkah di atas tidak berhasil, hubungi dukungan pelanggan operator atau produsen Anda. Mereka dapat memberikan bantuan lebih lanjut dan membimbing Anda untuk menemukan solusi terbaik.

7. Bawa HP ke Pusat Perbaikan

Nah, apabila semua upaya tidak berhasil, pertimbangkan untuk membawa atau mengirim HP Anda ke pusat perbaikan. Operator lokal atau produsen HP mungkin dapat membantu Anda dengan proses perbaikan, tergantung pada garansi dan kondisi perangkat Anda.

Itulah panduan mudah bila Anda mendapati bahwa HP tidak bisa mendapatkan sinyal.

Selanjutnya: Fluktuatif, GIMNI Prediksi Penjualan Minyak Goreng Capai 2,78 Juta Ton di 2024

Menarik Dibaca: Cara Mengatasi Susah Tidur Secara Alami, Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru