Ini 7 Kebiasaan Baik untuk Kesehatan Ginjal yang Mudah Diterapkan Sejak Dini

Rabu, 24 April 2024 | 08:37 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 7 Kebiasaan Baik untuk Kesehatan Ginjal yang Mudah Diterapkan Sejak Dini

ILUSTRASI. Ini 7 Kebiasaan Baik untuk Kesehatan Ginjal yang Mudah Diterapkan Sejak Dini


KESEHATAN - JAKARTA. Simak beberapa kebiasaan baik untuk kesehatan ginjal yang bisa diterapkan. Merawat kesehatan ginjal merupakan hal penting untuk menjaga kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

Salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan ginjal adalah dengan menerapkan kebiasaan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Ada beberapa kebiasaan sehat yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan ginjal dan menjaga fungsi ginjal tetap optimal.

Dari mengonsumsi makanan bergizi hingga menjauhi kebiasaan merokok dan mengurangi konsumsi garam, setiap langkah kecil dapat memberikan dampak besar bagi kesehatan ginjal.

Dalam pembahasan ini, kita akan menjelajahi berbagai kebiasaan sehat yang dapat membantu mencegah kerontokan rambut dan menjaga kesehatan ginjal secara keseluruhan.

Baca Juga: Tak Ingin Gula Darah Naik? Konsumsi 10 Buah & Sayur Ini, Rekomendasi Kemenkes

Kebiasaan baik untuk kesehatan ginjal

Ginjal sehat

Untuk itu, Anda dapat menerapkan kebiasaan baik yang mendukung kesehatan ginjal. Cek rekomendasi yang bisa Anda biasakan dalam aktivitas sehari-hari, dilansir dari laman Kidneycare UK.

1. Konsumsi Banyak Buah dan Sayuran

Diet seimbang dapat membantu menjaga tekanan darah dan kolesterol pada level yang sehat dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit ginjal.

Anda seharusnya mengonsumsi setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari, dengan beberapa makanan berserat seperti kentang, produk susu atau alternatif susu, dan beberapa protein dalam bentuk kacang-kacangan, biji-bijian, telur, ikan, atau daging.

Selain itu, coba untuk mengurangi jumlah lemak jenuh dan gula yang dikonsumsi. Anda bisa mencoba memotong beberapa buah ke dalam sereal sarapan atau menambahkan salad sebagai pendamping saat makan siap saji.

2. Tidak Merokok

Perokok memiliki risiko empat kali lebih tinggi daripada bukan perokok untuk mengembangkan gagal ginjal. Merokok meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, serta menyebabkan penumpukan lemak dalam pembuluh darah dan pembentukan bekuan darah.

Semua hal ini meningkatkan risiko penyakit ginjal. Merokok juga menggandakan peluang untuk kanker ginjal. Namun, berhenti merokok membantu Anda mengurangi semua risiko ini, dan manfaatnya mulai terasa segera setelah berhenti.

3. Kurangi Konsumsi Garam

Diet tinggi garam dapat menyumbang pada tekanan darah tinggi, yang bisa menjadi faktor dalam penyakit ginjal. Konsumsi terlalu banyak garam dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap pembentukan batu ginjal.

Usahakan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 6g garam per hari, sekitar satu sendok teh. Sekitar 75% garam bisa tersembunyi dalam makanan olahan.

Mulailah untuk memeriksa label untuk kandungan garam, selalu pilih opsi dengan kadar garam yang lebih rendah, dan camilanlah buah dan sayuran mentah daripada keripik dan biskuit.

Saat memasak, beri rasa pada hidangan dengan merica, rempah-rempah, lemon, dan bawang putih daripada garam.

4. Hindari Penggunaan Obat Nyeri Bebas

Secara jangka panjang, penggunaan dosis tinggi secara teratur dari obat pereda nyeri umum dapat merusak ginjal. Ini termasuk obat-obatan bebas seperti aspirin dan ibuprofen, yang termasuk dalam kelompok obat yang disebut anti-inflamasi nonsteroid, atau NSAID.

Anda bisa konsumsi sesuai dengan yang diresepkan, dalam dosis terendah mungkin, dan selama waktu yang sesingkat mungkin membutuhkannya.

Saat harus mengonsumsi obat pereda nyeri secara teratur untuk suatu kondisi, bicarakan dengan dokter tentang bagaimana cara meminimalkan risiko terhadap ginjal.

5. Bergerak Lebih Banyak

Beraktivitas membantu mendukung kesehatan umum, yang mungkin membantu ginjal. tidak perlu pergi ke gym, artinya aktivitas berjalan, bersepeda, menari, dan berkebun semuanya bisa dilakukan.

Anda harus berusaha untuk setidaknya 150 menit seminggu dari latihan moderat, atau 75 menit aktivitas yang lebih intens. Ini bisa dipecah menjadi bagian kecil dan bisa menyisipkannya dalam hari.

6. Kurangi Makanan Olahan dan Camilan

Makanan ultra-olahan (UPF) merupakan makanan yang tinggi gula, garam, karbohidrat olahan, aditif, dan lemak jenuh dan trans, serta rendah nutrisi seperti serat dan vitamin.

Penelitian terbaru menemukan bahwa orang yang mengonsumsi banyak UPF memiliki risiko lebih tinggi terhadap kerusakan ginjal.

Anda dapat untuk mengurangi makanan dan minuman seperti minuman bersoda, keripik, daging olahan dan keju, kue, sup instan dan mie, dan permen.

7. Konsumsi Alkohol dengan Bijak

Seiring waktu, mengonsumsi terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan kolesterol, yang bisa menjadi faktor dalam penyakit ginjal.

Usahakan untuk tidak mengonsumsi alkohol terlalu sering yang bersamaan dengan gaya hidup tidak sehat.

Itulah informasi terkait kebiasaan baik untuk kesehatan ginjal yang perlu dilakukan sedari dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru