Ini 9 Cara Merawat Baterai HP iPhone Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Selasa, 14 November 2023 | 10:51 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 9 Cara Merawat Baterai HP iPhone Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

ILUSTRASI. Ini 9 Cara Merawat Baterai HP iPhone Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak


IPHONE - JAKARTA. Periksa tips dan cara agar baterai HP iPhone awet dan tahan laman. Umur baterai tentu bisa berkurang dan mempengaruhi performa perangkat HP.

Penting bagi pengguna untuk menjaga baterai iPhone, serta memberikan tips dan kiat praktis. Ini meningkatkan umur baterai sehingga Anda dapat terus menikmati pengalaman penggunaan yang optimal.

Perangkat iPhone semakin canggih dan memiliki fitur-fitur yang membutuhkan daya baterai yang besar. Namun, daya tahan baterai tidak selalu sebanding dengan kebutuhan penggunaan, dan seringkali dihadapkan pada tantangan menjaga daya tahan baterai agar tetap optimal.

Umur baterai yang panjang tidak hanya memastikan pengalaman penggunaan yang lancar, tetapi juga dapat menghemat biaya penggantian baterai atau bahkan perangkat baru.

Baca Juga: Ini 3 Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Find My Device dan WhatsApp

Fitur battery health pada perangkat iPhone dan iOS lainnya hanya menjadi petunjuk bagi pengguna berbasis data. Pengguna bisa memantau kondisi battery health untuk mematok status kesehatan baterai.

Cara agar baterai HP iPhone

Perbandingan daya tahan baterai iPhone

Untuk itu, Anda perlu mengenal lebih jauh beberapa cara agar baterai HP iPhone awet lebih lama.

Simak tips dan cara menjaga baterai HP iPhone agar awet lebih lama dilansir dari AARP

Baca Juga: 7 Kebiasaan Penyebab HP Cepat Rusak dari Hal Sepele

1. Hindari Pengisian Penuh Berkali-kali

Jangan tunggu baterai benar-benar habis sebelum diisi ulang. Disarankan untuk mengisi daya ketika baterai mencapai sekitar 20-30% dan melepasnya saat mencapai 80-90%.

2. Perhatikan Suhu Saat Mengisi Daya

Jauhi suhu ekstrem, baik panas maupun dingin, ketika mengisi daya. Hindari mengisi daya dalam suhu ruangan yang sangat tinggi atau sangat rendah.

3. Hindari Overcharging

Pastikan Anda tidak membiarkan iPhone tetap terhubung ke charger setelah baterai penuh. Ini bisa mengurangi masa pakai baterai.

Saat Anda meninggalkan HP di malam hari, tentu membuat baterai dalam keadaan penuh semalaman bisa merusak baterai dalam jangka panjang.

4. Gunakan Charger Asli

Pastikan pengguna perlu menggunakan charger dan kabel yang disediakan oleh Apple atau yang berkualitas baik dan kompatibel dengan iPhone Anda.

Ini juga mendukung kesesuaian daya seperti fitur fast charging yang aman saat pengisian.

5. Hindari memakai power bank

Beberapa power bank memilik sistem penyimpanan daya hanya pada baterai. Artinya, sumber listrik bisa saja tidak stabil dan berbeda dari aliran listrik di rumah.

Sehingga, saat kebiasaan ini diulang, baterai HP iPhone bisa menjadi cepat melemah umur pemakaiannya.

6. Nonaktifkan Fungsi yang Tidak Diperlukan

Mematikan fitur seperti Bluetooth, Wi-Fi, atau Airdrop jika tidak digunakan. Reduksi kecerahan layar atau aktifkan mode hemat daya saat baterai rendah.

7. Hindari Suhu Ekstrem

Jauhi paparan iPhone terhadap suhu ekstrem, baik panas maupun dingin. Hindari meninggalkan iPhone di dalam mobil panas atau dingin yang terlalu lama.

8. Jaga Kondisi Fisik Baterai

Pastikan Anda sebagai pengguna melindungi iPhone dari benturan berat atau jatuh yang dapat merusak baterai. Sehingga, tidak ada kerusakan fisik pada baterai.

9. Gunakan Mode Hemat Daya

Aktifkan mode hemat daya saat baterai mencapai level kritis. Mode ini mengurangi kinerja perangkat untuk menghemat daya baterai.

Dengan demikian, pengguna dapat memaksimalkan masa pakai baterai, menghindari penurunan performa yang tidak diinginkan, dan memastikan bahwa iPhone tetap menjadi teman setia dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru