Ini cara mudah meningkatkan daya ingat anak untuk bantu menunjang akademisnya

Minggu, 25 Juli 2021 | 05:46 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini cara mudah meningkatkan daya ingat anak untuk bantu menunjang akademisnya

ILUSTRASI. Ini cara mudah meningkatkan daya ingat anak untuk bantu menunjang akademisnya.

KONTAN.CO.ID -  Menerapkan cara yang tepat untuk meningkatkan daya ingat anak bisa membantu mereka dalam mempelajari hal-hal baru baik akademis maupun non-akademis dengan baik.  

Tidak sedikit yang beranggapan membaca terus menerus bisa meningkatkan kapasitas daya ingat anak. Namun ada cara yang lebih sederhana dan mudah untuk meningkatkan daya ingat seseorang.

Salah satunya adalah dengan mencukupi nutrisi yang penting untuk kesehatan otak anak. Konsumsi makanan yang bernutrisi bisa membantu meningkatkan daya ingat.

Omega 3 adalah salah satu nutrisi yang baik untuk otak. Selain makanan tentu lingkungan sekitar juga perlu diperhatikan untuk mendukung perkembangan pola pikir buah hati.

Beberapa cara di bawah ini bisa membantu meningkatkan daya ingat anak dirangkum dari Incdan Psychology Today

  • Jangan menekan anak hingga dia stres

Menurut Judy Willis, M.D., guru dan neurologist, melalui Psychology Today, stres menyebabkan informasi yang didapat tidak tersimpan di korteks prefrontal.

Bagian ini merupakan tempat dimana memori jangka panjang terbentuk. Agar daya ingat anak berkembang baik, hindari stres yang berlebihan. 

Menggunakan cara belajar yang penuh tekanan justru mencederai daya ingat anak. Anda bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. 

Baca Juga: Ini 5 makanan untuk kecerdasan otak anak, Moms sudah sediakan di rumah?

  • Membaca buku dan berdiskusi

Membaca bisa merangsang otak untuk menyerap berbagai pengetahuan. Berikan buku-buku yang anak sukai agar mereka lebih senang membaca. 

Setelah membaca, ajaklah buah hati untuk berdiskusi. Materi diskusi diambil dari bacaan yang sudah mereka baca. 

Kegiatan ini akan melatih otak anak untuk mengingat kembali informasi yang didapat. Berikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan buku yang telah dibaca anak.

  • Menceritakan pengalaman

Manfaatkan pengalaman untuk melatih daya ingat buah hati. Mintalah anak untuk menceritakan atau menuliskan pengalaman yang ia sukai. 

Saat bercerita, dorong anak untuk memvisualisasikan pengalamannya. Mintalah buah hati untuk membayangkan benda-benda yang dia temui sebelumnya.

Sediakan kertas kosong dan pensil warna agar mereka mudah menggambarkan pengalamannya. Dengan cara ini daya ingat anak bisa terlatih dengan baik.  

  • Bermain dengan warna 

Otak manusia bisa menangkap informasi lebih baik dengan warna, hal ini juga berlaku pada anak. Anak-anak senang dengan buku atau tulisan yang berwarna karena menarik dan tidak monoton.

Anda bisa menggunakan kartu-kartu berwarna dan pensil warna agar buah hati tertarik belajar membaca buku. Saat membaca buku pelajaran, Anda bisa memanfaatkan highlighter. 

  • Istirahat

Otak manusia membutuhkan waktu untuk istirahat agar berfungsi dengan baik. Jangan memaksa anak untuk terus belajar karena otak mereka butuh jeda istirahat. 

Saat otak kekurangan istirahat, kemampuannya menjadi menurun. Buah hati menjadi cepat lelah dan sulit berkonsentrasi.

Pastikan buah hati mendapatkan tidur yang cukup. Tidur malam maupun siang dibutuhkan otak untuk beristirahat.

Selanjutnya: Inilah jamu tradisional untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari Covid-19

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru