Ini Cara yang Benar Menanam Bunga Anggrek, Pas Buat Hobi dan Bisnis

Selasa, 23 Mei 2023 | 05:39 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini Cara yang Benar Menanam Bunga Anggrek, Pas Buat Hobi dan Bisnis

ILUSTRASI. Ini Cara yang Benar Menanam Bunga Anggrek, Pas Buat Hobi dan Bisnis.


TIPS & TRIK -  JAKARTA. Tanaman hias memiliki penggemar yang cukup banyak. Hal ini bisa menjadi potensi bisnis yang cukup menjanjikan terutama bagi masyarakat yang memiliki hobi bertanam.

Salah satu tanaman hias yang selalu laris dicari oleh menggemar tanaman adalah bunga anggrek. Bunga jenis ini memang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Semakin langka, harga jual bunga anggrek juga semakin tinggi.

Ada banyak orang yang hibi merawat bunga ini. Karenanya hobi yang satu ini bisa dijadikan peluang bisnis yang tentunya menguntungkan.

Alumnus Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, SMKN 2 Subang, Reyhan D. Ramadani, memberikan tip merawat tanaman anggrek yang baik dan benar.

Merangkum situs Direktorat Jenderal (Ditjen) Vokasi Kemendikbud Ristek, berikut ini tips sukses menanam anggrek.

Baca Juga: SMMPTN Barat 2023 Sudah Dibuka, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

1. Memilih anggrek

Tips pertama agar sukses menanam anggrek adalah memilih jenis anggrek yang cocok dengan lingkungannya atau lokasi kebunnya. 

“Dalam menanam anggrek, ada hal yang harus diperhatikan. Pahami karakteristik jenis anggreknya, apakah anggrek tersebut suka di tempat teduh atau suka di tempat yang panas,” ucap Reyhan.

2. Memilih media tanam

Ada banyak media tanam yang bisa digunakan untuk membudidayakan tanaman anggrek. 

Media tanam ini akan berpengaruh pada laju pertumbuhan akar anggrek. Lakukan repotting bila perakaran sudah mulai padat.

Media tanam yang cukup populer digunakan untuk menanam anggrek itu ada lumut sphagnum dan kulit kayu. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. 

“Kelebihan lumut sphagnum ialah daya serapnya yang cukup tinggi sehingga mampu menjaga kelembaban akar anggrek,” ucap Reyhan.

Namun, ada juga tanaman anggrek yang tidak cocok dengan media lumut sphagnum sehingga media kulit kayu bisa dipilih untuk media tanamnya.

3. Menjaga nutrisi bunga anggrek

Memberikan pupuk secara rutin tiap minggunya penting dilakukan. Namun, Anda juga harus memastikan bahwa tanaman anggrek tidak terlalu lembab. Oleh karena itu, intensitas penyiraman air juga perlu untuk diatur.

“Cara terbaik untuk mengetahui apakah anggrek tersebut membutuhkan air adalah dengan melihat lumut yang tumbuh di bagian akarnya. Apabila lumut mengering itu artinya anggrek perlu untuk disiram,” tutur Reyhan.

Baca Juga: Peserta Wajib Tahu, Ini Aturan Berpakaian dan Rambut Peserta UTBK-SNBT 2023

4. Menjaga temperatur

Tips sukses menanam dan merawat anggrek yang terakhir adalah menjaga temperatur sekeliling atau lingkungan anggrek. 

Meskipun sebagian besar anggrek merupakan tanaman tropis, bukan berarti anggrek yang kita tanam diletakkan langsung berhadapan dengan sinar matahari. 

Tempat terbaik untuk menaruh tanaman anggrek adalah di tempat yang terang namun sejuk.

“Tanaman anggrek jangan diletakkan di tempat yang terlalu panas ataupun dingin, suhu idealnya ya sekitar 23o. Tanaman hias membutuhkan cahaya matahari agar bunganya dapat mekar dengan cantik,” ungkap Reyhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru