Ini yang perlu ibu menyusui lakukan jika terinfeksi Covid-19

Kamis, 29 Juli 2021 | 20:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini yang perlu ibu menyusui lakukan jika terinfeksi Covid-19

KONTAN.CO.ID - Virus corona bisa menginfeksi siapa saja. Tidak terkecuali ibu menyusui yang baru saja melahirkan bayi. Jika terinfeksi Covid-19 dan perlu menyusui bayi, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Melansir Only My Health, ibu yang baru melahirkan tetap aman untuk menyusui bayinya. Belum ada penelitian yang membuktikan penularan virus corona terjadi melalui ASI yang dikonsumsi bayi.

Justru, manfaat menyusui lebih besar dari risiko penularan Covid-19 dari ibu ke bayi. Ibu menyusui bisa menyalurkan antibodi terhadap virus corona pada bayi. Tidak berhenti sampai di situ, menyusui juga salah satu cara menyalurkan nutrisi yang dibutuhkan bayi.

Dengan begitu, sistem imun bayi bisa kuat di tengah pandemi Covid-19. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan supaya risiko transmisi berkurang:

Baca Juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum, Saat dan Sesudah Vaksinasi Covid-19

Pertama, pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum menyusui dan memegang bayi.

Kedua, selalu tutup mulut dan hidung ketika Anda bersin. Maka dari itu, penting untuk menyiapkan sapu tangan atau tisu lalu segera bersihkan sapu tangan atau tisu yang baru Anda pakai.

Ketiga, selalu gunakan masker di sekitar bayi.

Keempat, Only My Health merekomendasikan Anda untuk menjaga kebersihan barang-barang bayi dengan menyemprotkan disinfektan. Menjaga kebersihan tangan menggunakan sabun dan air mengalir juga perlu Anda lakukan.

Baca Juga: 4 Tips untuk ibu hamil yang terinfeksi Virus Corona

Jika Anda mengalami gejala Covid-19 yang cukup parah dan tidak disarankan untuk berdekatan dengan bayi, berikan ASI dalam botol. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan pompa ASI, ya.

Saat sudah sembuh, Anda mungkin kesulitan memproduksi ASI. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi supaya produksi ASI meningkat.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan supaya kondisi tubuh tetap terpantau.

Selanjutnya: Jangan Panik! Suami Wajib Lakukan Hal Ini Saat Bumil Terpapar Covid-19

Editor: Belladina Biananda
Terbaru