Inilah 5 cara menaikkan berat badan yang bisa Anda coba

Selasa, 20 April 2021 | 10:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 5 cara menaikkan berat badan yang bisa Anda coba

ILUSTRASI. Mengonsumsi oatmeal termasuk salah satu cara menaikkan berat badan.


KESEHATAN - JAKARTA. Selain obesitas, kekurangan berat badan juga dialami oleh banyak orang. Tentu saja hal itu dapat menimbulkan berbagai macam masalah. Maka dari itu, Anda perlu melakukan cara menaikkan berat badan supaya kesehatan tubuh terjaga.

Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), seseorang memiliki berat badan yang kurang jika angka BMI berada di bawah 18.5. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kondisi itu. Mulai dari keturunan, aktivitas fisik yang tinggi, stres, depresi, gangguan makan, dan lain sebagainya.

Selain berkonsultasi dengan dokter, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan supaya berat badan ideal Anda dapatkan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan ini secara rutin. Seiring berjalannya waktu, berat badan Anda akan bertambah.

Kalori

Memperbanyak asupan kalori jadi cara menaikkan berat badan pertama yang bisa Anda coba. Cobalah untuk menambah porsi makanan yang dipenuhi dengan kalori. Misalnya, alpukat, roti dengan selai, oatmeal, telur rebus, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Sudah diet & olahraga tapi gagal menurunkan berat badan? Coba cara ini

Jahe

Jahe adalah salah satu jenis rempah yang dapat menambah berat badan Anda. Melansir Stylecraze, kandungan dalam jahe mampu mentimulasi nafsu makan. Jadi, ada baiknya untuk mengonsumsi jahe sebelum jadwal makan.

Dengan begitu, Anda bisa makan dalam porsi yang lebih besar dan kesehatan sistem pencernaan Anda pun akan terjaga. Selain mengonsumsi jahe secara langsung, Anda bisa merebus jahe terlebih dahulu lalu minum air rebusan itu.

Susu

Jika Anda ingin menambah berat badan, cobalah untuk minum susu secara rutin. Ada banyak nutrisi dalam susu yang bisa menambah berat badan Anda. Mulai dari protein, kalsium, lemak, vitamin, dan mineral yang lain.

Usahakan untuk minum satu hingga dua gelas susu setiap hari. Supaya hasil yang Anda dapatkan lebih maksimal, cobalah untuk melakukan olahraga angkat beban secara rutin. Dengan begitu, massa otot Anda juga bertambah.

Baca Juga: Cara agar badan tetap fit meski berpuasa sebulan penuh

Karbohidrat dan Lemak Sehat

Salah satu cara menaikkan berat badan adalah mengonsumsi makanan kaya karbohidrat, seperti nasi.

Memperbanyak asupan makanan kaya karbohidrat dan lemak sehat juga bisa jadi cara menaikkan berat badan, lo. Beberapa makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan lemak sehat adalah nasi, yogurt, oatmeal, minyak kelapa, keju, dan lain-lain.

Teh Kamomil

Sama seperti jahe, nafsu makan Anda bisa meningkat setelah mengonsumsi teh kamomil. Tak hanya itu, teh kamomil juga mampu membuat sistem saraf rileks. Cobalah untuk minum teh kamomil satu hingga dua kali sehari. Lakukan hal itu satu jam sebelum jadwal makan atau sebelum tidur.

Selanjutnya: Ingin berat badan tetap ideal saat berpuasa? Lakukan 9 cara berikut ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru