Inilah 5 tips menurunkan berat badan yang mudah dicoba

Sabtu, 01 Mei 2021 | 06:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 5 tips menurunkan berat badan yang mudah dicoba

KONTAN.CO.ID - Mengonsumsi jenis makanan tertentu bisa jadi salah satu tips menurunkan berat badan untuk Anda. Cobalah untuk melakukannya secara rutin supaya berat badan ideal bisa Anda dapat.

Selain mengganggu penampilan, berat badan berlebih juga berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Maka dari itu, Anda perlu mengurangi jumlah lemak dalam tubuh supaya kesehatan Anda tetap terjaga.

Kayu manis, teh hijau, jahe, dan beberapa bahan alami lain bisa Anda masukkan dalam menu diet sehari-hari. Namun, jika berat badan tidak kunjung berubah, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Bisa jadi saran diet yang disarankan dokter bisa lebih efektif untuk Anda.

Lada hitam dan lemon

Laman Everyday Roots menyebutkan, lada hitam dan lemon bisa jadi penurun berat badan yang efektif. Kandungan dalam lada hitam berpengaruh pada gen yang membentuk lemak. Artinya, jumlah lemak bisa terkontrol dengan mengonsumsi lada hitam secara rutin.

Di sisi lain, lemon berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan sehingga proses menurunkan berat badan bisa lebih efektif. Anda hanya perlu mencampur air dengan perasan lemon dan sejumput lada hitam. Minum campuran itu setiap hari.

Baca Juga: 4 Jenis makanan untuk diet ini bisa Anda jadikan pilihan

Cokelat hitam

Tips menurunkan berat badan selanjutnya yang perlu Anda coba adalah dengan mengonsumsi cokelat hitam. Cokelat hitam mampu mengurangi rasa lapar. Tidak hanya itu, kandungan dalam cokelat hitam juga mampu memperlambat penyerapan gula darah ke aliran darah.

Hanya, Everyday Roots mengingatkan Anda agar mengonsumsi cokelat yang terdiri dari 70% cokelat hitam. Hindari menggunakan susu atau pemanis buatan karena justru membuat berat badan Anda bertambah.

Baca Juga: Tips berpuasa sekaligus diet untuk menurunkan berat badan

Jahe dan teh hijau

Mengonsumsi teh hijau termasuk salah satu tips menurunkan berat badan yang bisa Anda coba.

Teh hijau mengandung kafein dan katekin yang berpengaruh pada berat badan Anda. Kafein mampu mempercepat metabolisme tubuh dan teh hijau berguna untuk meningkatkan penyerapan lemak.

Supaya manfaat itu semakin terasa, Anda bisa mencampur teh hijau dengan jahe. Tips menurunkan berat badan ini bisa Anda lakukan dengan mudah.

Pertama-tama, rebus ½ sdt bubuk jahe dan 1 sdt teh hijau dalam 8 ons air selama tiga hingga empat menit. Setelah mendidih, diamkan sebentar lalu tambahkan sedikit madu untuk meningkatkan cita rasa.

Minum air campuran itu sebanyak satu hingga dua kali dalam satu hari.

Selanjutnya: Cara menghilangkan lemak di perut agar pinggul tampak lebih langsing

Editor: Belladina Biananda
Terbaru