Inilah 8 Makanan yang Meningkatkan Rasa Kenyang Lebih Lama saat Puasa

Sabtu, 16 Maret 2024 | 03:35 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Inilah 8 Makanan yang Meningkatkan Rasa Kenyang Lebih Lama saat Puasa

ILUSTRASI. Ikan Bakar salah satu menu makan sahur yang mengenyangkan


Makanan yang Meningkatkan Rasa Kenyang Lebih Lama  - JAKARTA. Perhatikan daftar makanan yang dapat meningkatkan rasa kenyang saat menjalani ibadah puasa.

Selama periode puasa, penting untuk memilih makanan yang dapat memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga stamina dan melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap rasa kenyang yang lebih lama setelah makan termasuk kandungan serat yang tinggi, protein yang mencukupi, lemak sehat, dan konsumsi air yang cukup.

Makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, membantu memperlambat proses pencernaan dan memberikan rasa kenyang yang berkelanjutan.

Sementara itu, makanan yang tinggi protein, seperti daging, ikan, dan kacang-kacangan, membantu mengendalikan nafsu makan dan memperlambat pengosongan lambung.

Baca Juga: Tanda Usus Kotor? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Susah Buang Angin

Alpukat

Selain itu, lemak sehat yang ditemukan dalam makanan seperti asam lemak omega-3 dan omega-6 juga membantu memperlambat pengosongan lambung dan meningkatkan rasa kenyang.

Penting juga untuk memastikan bahwa tubuh mendapatkan cukup air setelah makan, karena hal ini dapat membantu mengisi lambung dan memperlambat proses pengosongan lambung.

Namun, penting untuk diingat bahwa tingkat kenyang yang dirasakan juga dapat dipengaruhi oleh kebutuhan individu dan kebiasaan makan.

Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan dengan bijak dan memperhatikan kebutuhan tubuh agar mendapatkan rasa kenyang yang berkelanjutan dan sehat selama menjalani ibadah puasa.

Berikut ini beberapa makanan yang membuat kenyang lebih lama sebagai tips untuk berpuasa dilansir dari Plenity.

Baca Juga: Manfaat dan Cara Konsumsi Vitamin saat Puasa yang Menyehatkan Tubuh

1. Greek Yoghurt

Yoghurt Yunani memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Pilihlah yoghurt dengan kadar gula rendah dan tambahkan buah-buahan seperti persik atau stroberi untuk variasi rasa dan tambahan serat.

2. Alpukat

Konsumsi Alpukat menjadi kunci asupan buah yang kaya nutrisi dan lemak sehat, yang membantu meningkatkan energi dan rasa kenyang saat berpuasa.

3. Biji-bijian Utuh

Beras merah, roti gandum, dan pasta gandum adalah contoh biji-bijian utuh yang dapat membantu dalam mengendalikan berat badan dan menjaga kesehatan. Biji-bijian utuh mengandung serat, nutrisi, dan senyawa tumbuhan yang dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori.

4. Oatmeal

Oatmeal rendah kalori dan kaya serat larut, yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan menunda lapar.

5. Ikan Air Tawar atau Laut

Ikan adalah sumber protein yang sehat dan mengenyangkan. Konsumsi ikan berlemak tinggi seperti salmon atau sarden untuk asupan asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

6. Kacang-kacangan

Kacang adalah sumber protein, serat, dan lemak sehat yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang. Pilihlah kacang campuran untuk variasi nutrisi yang lebih baik.

7. Telur

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi yang dapat membantu mengurangi asupan makanan secara jangka pendek dan meningkatkan rasa kenyang.

8. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran tinggi serat dan air, serta rendah kalori, sehingga membantu meningkatkan rasa kenyang. Konsumsi sayuran tinggi inulin seperti sayuran hijau untuk rasa kenyang yang lebih lama.

Itulah beberapa rekomendasi makanan yang membuat kenyang lebih lama saat berpuasa sesuai porsi masing-masing.

Selanjutnya: GERD Bisa Disembuhkan secara Permanen, Tapi Ada Syaratnya

Menarik Dibaca: Katalog Promo JSM Indomaret Spesial Ramadan Periode 15-17 Maret 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru