CLOSE [X]

Inilah Tips Feng Shui di Ruangan Dapur yang Dapat Menciptakan Keharmonisan Hubungan

Kamis, 30 Juni 2022 | 12:56 WIB   Penulis: Arif Budianto
Inilah Tips Feng Shui di Ruangan Dapur yang Dapat Menciptakan Keharmonisan Hubungan

ILUSTRASI. Inilah Tips Feng Shui di Ruangan Dapur yang Dapat Menciptakan Keharmonisan Hubungan


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Inilah tips Feng Shui di ruangan dapur yang dapat menciptakan keharmonisan hubungan. Menurut Feng Shui dapur adalah salah satu ruangan yang penting di dalam rumah, karena mewakili makanan bernutrisi dan keharmonisan hubungan.

Mengutip dari Decombo, Feng Shui adalah filosofi Tiongkok kuno untuk menciptakan keseimbangan antara alam di ruang hidup kita (rumah, kantor/tempat kerja, dll) menggunakan dekorasi dan desain.

Filosofi Feng Shui sendiri didasarkan pada "Chi", yaitu energi kehidupan yang menghubungkan semua makhluk hidup di alam semesta.

Feng Shui sendiri bukan hanya berkaitan dengan gaya dekorasi, namun juga tentang disiplin yang cocok dengan banyak gaya dekorasi.

Penataan rumah hidup yang sesuai dengan karakteristik eksistensial manusia, diyakini akan mendatangkan kesehatan, kebahagiaan, dan rezeki. Sederhananya, tips Feng Shui ini dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dengan memastikan energi mengalir dengan nyaman di rumah Anda.

Berbicara tentang rumah, dapur mungkin salah satu ruangan yang kerap kali Anda kunjungi. Apalagi jika Anda ingin mempersiapkan makanan, dapur menjadi ruangan yang perlu diperhatikan berkaitan dengan Feng Shui.

Mau tahu apa saja tips Feng Shui tentang ruangan dapur di rumah Anda? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Prinsip Feng Shui Rumah yang Mudah Diterapkan untuk Ruang Tamu, Dapur & Kamar Tidur

Tips Feng Shui Dapur

Wastafel dapur

Menurut Feng Shui, dapur adalah area yang sangat penting bagi mereka yang tinggal di rumah. Dapur sendiri mewakili nutrisi dan keharmonisan hubungan.

Oleh karena itu, beberapa hal ini mungkin perlu Anda perhatikan sekali lagi supaya dapat menciptakan goal tersebut.

Misalnya, wastafel dan kompor tidak boleh saling berhadapan. Karena saling bertatap muka ini akan menimbulkan konflik air dan api, ini diyakini dapat menimbulkan konflik api dan air yang juga merepukan elemen Feng Shui.

Hal tersebut juga dapat berujung pada pertengkaran antar pasangan.

Berkaitan dengan warna, Anda harus menghidnari penggunaan warna hitam dan merah yang terlalu banyak di dapur. Hal tersebut juga dapat menyebabkan konflik air dan api.

Anda juga harus memperhatikan lokasi barang-barang yang ada di dapur. Seperti lokasi kompor yang penting untuk memasak makanan bernutrisi baik untuk seluruh penghuni rumah.

Kompor di dapur tidak boleh berada di seberang dapur atau pintu masuk, dan tidak boleh berada di bawah jendela.

Baca Juga: Pantangan Feng Shui Jika Mau Pindah Rumah di Tahun 2022, Hindari 5 Hal Ini!

Dua meja juga tidak direkomendasikan dalam hal penggunaan dan konflik energi. Penggunaan yang ideal adalah membuat 'segitiga dapur' antar kulkas, wastafel, dan kompor.

Dari segi energi, api (kompor) yang berhadapan dengan air (wastafel) melambangkan konflik di dalam rumah. 

Jika Anda sudah memiliki tata letak dapur, maka letakkan saja sepotong kayu di antara wastafel dan kompor alih-alih  merenovasinya.

Air memberi makan kayu dan kayu memberi makan api. Dengan demikian, ia akan menyediakan transisi antara dua energi yang berlawanan.

Selain kayu, Anda juga bisa menggunakan warna hijau, warna yang juga melambangkan kayu di dapur Anda.

Itulah tips yang dapat Anda terapkan di dapur menurut Feng Shui untuk menciptakan keharmonisan hubungan dalam rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru