Intip 5 Cara Mengatasi Status WhatsApp Tidak Muncul dengan Mudah

Rabu, 12 Juli 2023 | 13:55 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Intip 5 Cara Mengatasi Status WhatsApp Tidak Muncul dengan Mudah

ILUSTRASI. Intip 5 Cara Mengatasi Status WhatsApp Tidak Muncul dengan Mudah. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


Cara Mengatasi Status WhatsApp Tidak Muncul - JAKARTA. Cara mengatasi status WhatsApp tidak muncul. Pengguna dapat memperbaiki masalah fitur dari WA sebagai berikut.

Status WhatsApp adalah fitur di WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk membagikan foto, video, atau teks yang akan ditampilkan kepada kontak dalam jangka waktu terbatas.

Status ini mirip dengan fitur cerita (stories) yang ada di platform media sosial lainnya. Anda dapat membuat status WhatsApp dengan mengunggah foto atau video dari galeri, atau mengambil foto atau video langsung menggunakan kamera.

Pengguna juga dapat menambahkan teks, stiker, atau elemen dekoratif lainnya pada status. Status WhatsApp biasanya memiliki durasi 24 jam, setelah itu secara otomatis akan menghilang.

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Memori HP Penuh, Bisa Buat Android dan iPhone

Fitur baru Status WhatsApp

Selama durasi tersebut, kontak yang memiliki akses ke status dapat melihatnya. Pengguna juga dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat status melalui pengaturan privasi.

Sayangnya, setiap pembaruan aplikasi membuat WhatsApp bisa saja mendapatkan bugs atau error.

Cara mengatasi status WA tidak muncul bisa dengan restart HP dan mengaktifkan penggunaan data aplikasi di latar belakang, dan memperbaiki masalah internet.

Sehingga, hal ini dapat menyebabkan status WhatsApp tidak muncul. Berikut ini adalah tutorial cara mengatasi status WA yang tidak muncul dilansir dari Tech Wiser.

Baca Juga: Ini 7 Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di HP Android

Cara mengatasi status WA yang tidak muncul

1. Restart HP

Meskipun cara ini terbilang cukup simpel, namun beberapa permasalah di HP termasuk Status WA tidak muncul bisa teratasi hanya dengan restart HP.

  • Pengguna dapat memulai dengan restart HP.
  • Tunggu hingga HP nyala dan masuk ke menu utama.
  • Pastikan internet menyala dan buka WhatsApp.
  • Cek apakah Status WA sudah muncul lagi atau belum.

2. Perbaiki Masalah Jaringan

Kemungkinan terbesar Status WA tidak muncul karena adanya masalah pada jaringan. Pengguna bisa mencoba beberapa hal di bawah ini untuk mengatasi Status WA tidak muncul.

Anda bisa meyalakan mode pesawat dan tunggu beberapa saat kemudian matikan lagi dan nyalakan internet. Cek kembali Status WA apakah sudah muncul atau belum.

Pengguna juga bisa mengganti jaringan internet yang tersedia dan meminta bantuan kontak lain untuk cek apakah status WA sudah muncul.

3. Cek Penggunaan Data Aplikasi Latar Belakang

Langkah ini bisa membantu untuk memunculkan Status WA orang lain yang tidak muncul di WA.

Masuk ke pengaturan HP dan kemudian arahkan ke bagian Apps. Cari WhatsApp dan klik Restricted data usage.

Pastikan pengguna sudah mengisi centang semua data yang muncul agar WhatsApp meskipun berada di latar belakang atau tidak sedang dibuka. 

4. Hapus Cache di WhatsApp

Penyebab terakhir kenapa Status WA tidak muncul karena Cache di HP sudah banyak dan HP tidak bisa lagi menerima data termasuk Status WA. Cara menghapus Cache WhatsApp adalah:

Masuk ke dalam pengaturan HP dan kemudian klik Apps kemudian cari WhatsApp. Setelah itu, klik Storage dan klik Clear Cache.

5. Perbarui versi aplikasi

Terakhir, untuk mengatasi masalah status WhatsApp tidak muncul adalah pembaruan aplikasi. Versi aplikasi dari WhatsApp dapat memperbaiki beberapa masalah terkait versi aplikasi yang sedang dipakai.

Tentunya, ini dapat menjadi jalan terakhir untuk mengetahui solusi 

Itulah beberapa metode cara mengatasi status WhatsApp tidak muncul. Pengguna bisa cek juga bagian privasi apakah pengguna membuatnya publik atau privat.

Demikian beberapa langkah praktis dari cara mengatasi status WhatsApp tidak muncul pada halaman status.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru