Jahe hingga cengkih, inilah 4 obat herbal sakit kepala

Sabtu, 17 Juli 2021 | 13:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jahe hingga cengkih, inilah 4 obat herbal sakit kepala

KONTAN.CO.ID - Sakit kepala memang biasa terjadi. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya. Supaya kondisi tubuh tetap terjaga, ada beberapa obat herbal sakit kepala yang bisa Anda coba.

Sebenarnya, ada banyak obat apotek yang bisa Anda jadikan pilihan. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami di sekitar Anda, kan? Selain mengobati sakit kepala, nutrisi yang terdapat dalam bahan alami juga baik untuk kesehatan tubuh.

Meski demikian, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter, ya. Apalagi jika bahan alami di bawah ini tak kunjung menyembuhkan sakit kepala. Dengan memeriksakan diri ke dokter, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Kayu manis

Laman NDTV Food merekomendasikan kayu manis untuk mengatasi sakit kepala yang Anda alami. Anda perlu mencampur bubuk kayu manis dan air hingga berbentuk pasta.

Aplikasikan pasta tersebut pada kening dan pelipis kemudian berbaringlah selama 30 menit. Selanjutnya, bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Bisa Anda jadikan pilihan, berikut 4 obat herbal vertigo

Kemangi

Jika Anda mencari obat herbal sakit kepala, tak ada salahnya untuk mencoba kemangi. Senyawa yang terkandung dalam bahan alami itu mampu membuat otot rileks sehingga sakit kepala pun dapat berkurang.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, konsumsi daun kemangi secara langsung. Kedua, Anda bisa minum air rebusan daun kemangi. Untuk menambah cita rasa, tak ada salahnya untuk menambahkan sedikit madu pada air rebusan itu.

Cengkih

Cengkeh termasuk salah satu obat herbal sakit kepala.

Cengkih jadi obat herbal sakit kepala lainnya yang bisa Anda coba. Anda hanya perlu menumbuk beberapa cengkih lalu masukkan hasil tumbukan pada selembar kain. Hirup aroma cengkih yang keluar agar sakit kepala dapat berkurang.

Baca Juga: Cara mencegah mabuk perjalanan tanpa menggunakan obat

Jahe

Mengutip dari NDTV Food, jahe adalah jenis rempah lainnya yang berguna untuk mengobati sakit kepala. Jahe bisa meredakan pembuluh darah di otak yang meradang. Dengan begitu, sakit kepala yang Anda rasakan dapat berkurang.

Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi jahe pun mampu mengurangi rasa mual yang muncul akibat sakit kepala. Anda hanya perlu mencampur ekstrak jahe dan air lemon dengan perbandingan yang sama. Minum campuran itu satu hingga dua kali dalam sehari.

Selanjutnya: Tanpa obat, simak cara meredakan sakit kepala

Editor: Belladina Biananda
Terbaru