Jahe hingga pisang, ini 4 opsi obat herbal asam urat

Sabtu, 24 Juli 2021 | 13:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jahe hingga pisang, ini 4 opsi obat herbal asam urat


KESEHATAN - Anda perlu mengontrol jumlah asam urat dalam tubuh supaya kesehatan tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat herbal asam urat.

Ketika jumlah asam urat terlalu tinggi, ada banyak masalah kesehatan yang dapat Anda alami, misalnya, nyeri sendi. Penumpukan asam urat di bagian sendiri menyebabkan inflamasi sehingga pembengkakan pun Anda alami.

Meski bahan alami ini mudah ditemukan dan digunakan, jangan lupa untuk melakukan konsultasi dulu dengan dokter, ya. Dikhawatirkan, beberapa bahan alami ini justru menimbulkan efek samping.

Berkonsultasi dengan dokter juga memungkinkan Anda untuk mendapat dosis konsumsi yang tepat.

Baca Juga: Inilah 9 obat alami untuk membantu menyembuhkan asam urat

Jahe

Healthline menyebutkan, jahe bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat. Alasannya, jenis rempah itu mengandung antiinflamasi dan nutrisi lain yang efektif mengurangi jumlah asam urat.

Anda perlu merebus 2 sdt jahe dalam air selama 10 menit terlebih dahulu. Setelah itu, minum air rebusan jahe sebanyak tiga kali dalam sehari.

Selain diminum, air rebusan jahe juga bisa Anda aplikasikan pada area tubuh yang sakit akibat asam urat.

Apel

Supaya jumlah asam urat dalam tubuh bisa berkurang, cobalah untuk rutin mengonsumsi apel. Manfaat itu berasal dari kandungan asam malat yang terdapat dalam apel.

Untuk memaksimalkan khasiatnya, usahakan untuk tidak mengonsumsi apel dengan pemanis buatan, ya.

Baca Juga: Jangan makan ini! 5 Jenis makanan yang terlarang bagi penderita asam urat

Magnesium

Mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium tinggi juga bisa jadi salah satu cara menurunkan asam urat, lo. Dengan mengonsumsi jenis mineral itu, inflamasi di area persedian akibat asam urat dapat berkurang.

Selain mengonsumsi sumber magnesium, minum suplemen magneisum juga bisa Anda coba.

Pisang

Pisang termasuk salah satu obat herbal asam urat.

Healthline merekomendasikan pisang sebagai obat herbal asam urat selanjutnya yang perlu Anda coba. Jenis buah itu mengandung banyak kalium yang membantu jaringan dan organ dalam tubuh berfungsi secara normal.

Meski demikian, usahakan untuk tidak mengonsumsi pisang dalam jumlah yang berlebihan, ya. Alasannya, pisang memiliki kandungan gula yang justru dapat memperparah efek asam urat tinggi.

Untuk mendapat dosis konsumsi yang tepat, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Selanjutnya: 7 Obat asam urat ini bisa mengatasi nyeri dan turunkan kadar asam urat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru