Jangan Lewatkan, Ini 5 Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

Sabtu, 27 Mei 2023 | 16:45 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
 Jangan Lewatkan, Ini 5 Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan


KESEHATAN - Selain sebagai lalapan, manfaat daun kenikir untuk kesehatan adalah membantu mencegah penyakit tertentu seperti hipertensi dan diabetes. Khasiat daun kenikir yang cukup banyak membuat tanaman ini dibudidayakan di Indonesia untuk dikonsumsi sebagai sayuran hijau.

Namun, tanaman dengan nama latin Cosmos caudatus ini sebenarnya berasal dari Amerika Selatan. Daun kenikir dianggap sebagai salah satu makanan sehat lantaran mengandung sejumlah nutrisi penting. 

Baca Juga: Gunakan Bawang dan Serai, Ini Cara Mengusir Nyamuk di Kamar

Budidaya kenikir juga terbilang sangat mudah. Tak jarang, kenikir jadi tanaman liar yang tumbuh subur di pekarangan dekat rumah. 

Lalu, apa saja manfaat daun kenikir untuk kesehatan?

Baca Juga: Jajal Kuliner Indonesia di Shopee Super Shopping Day

Manfaat daun kenikir

Manfaat daun kenikir adalah sebagai anti-oksidan yang tinggi.

Nah, berikut ini sederet khasiat daun kenikir sebagaimana dikutip dari jurnal yang berjudul "Potential medicinal benefits of Cosmos caudatus (Ulam Raja)" yang ditulis Shi-Hui Cheng, Mohd Yusof Barakatun-Nisak, Joseph Anthony, dan Amin Ismail:

1. Anti-oksidan

Dalam berbagai penelitian yang sudah dibuktikan menunjukkan bahwa manfaat daun kenikir adalah sebagai anti-oksidan yang tinggi. 

Baca Juga: Sangat Banyak Manfaat Bayam yang Baik untuk Kesehatan

Penelitian telah menunjukkan bahwa 100 gram daun kenikir segar mengandung sekitar 2500 mg anti-oksidan setara asam askorbat dibandingkan buah-buahan dengan takaran yang sama. 

Dalam penelitian lain, di antara 11 sayuran yang diuji, ekstrak etanol dari tanaman Pluchea indica dan C. caudatus menunjukkan aktivitas anti-oksidan tertinggi dibandingkan sayuran lainnya. 

Baca Juga: Selain untuk Lalapan, Kenikir Juga Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh

2. Anti-diabetes

Manfaat daun kenikir untuk kesehatan juga berkaitan dengan pengobatan diabetes. Sebuah studi pada tikus yang diobati dengan ekstrak kenikir menunjukkan penurunan glukosa darah yang signifikan.

Hal ini karena kenikir mengandung senyawa alfa-glukosidase yang banyak digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2.

Baca Juga: Penyakit Ebola : Penyebab, Gejala dan Pencegahan yang Harus Anda Ketahui

Meski demikian, senyawa alfa-amilase yang berlebihan dapat menyebabkan fermentasi bakteri abnormal dari karbohidrat yang tidak tercerna di usus. 

Hal ini mengakibatkan efek samping yang tidak diinginkan seperti perut kembung, perut kembung, dan diare.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Jamur untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daun kenikir juga bisa sebagai anti-inflamasi.

3. Anti-hipertensi

Khasiat daun kenikir juga bisa sebagai obat hipertensi alias darah tinggi. Dalam penelitian pada tikus yang diberi ekstrak kenikir yakni manfaat daun kenikir terbukti menghambat peningkatan frekuensi detak jantung. 

Efek ini setara dengan terapi obat hidroklorotiazid dan kaptopril.

Baca Juga: Efektif Mengontrol Gula Darah, Ini Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

4. Anti-inflamasi

Manfaat daun kenikir juga bisa sebagai anti-inflamasi. 

Metanol dan ekstrak kenikir dengan dosis 200 mg/kg yang diuji dalam sebuah penelitian telah menunjukkan aktivitas anti-inflamasi yang signifikan dengan menekan edema kaki tikus yang diinduksi oleh karagenan (senyawa yang diekstraksi). 

Baca Juga: 4 Manfaat daun kelor untuk pria, apa saja?

5. Penguat tulang

Khasiat daun kenikir juga berkaitan dengan kesehatan tulang. Hal ini sudah dibuktikan pada tikus yang menderita osteoporosis pasca-menopause. 

Pengeroposan tulang pada model tikus menyerupai perubahan tulang pada wanita pasca-menopause. Ovariektomi lazimnya menyebabkan hilangnya volume tulang. 

Baca Juga: Punya khasiat obat herbal, kenikir jadi buruan (2)

Nah, ekstrak kenikir rupanya bisa memperkuat tulang pada tikus yang menderita osteoporosis pasca-menopause.

Nah, itulah sederet manfaat daun kenikir untuk kesehatan, dari mulai pereda hipertensi hingga menyehatkan tulang. Dengan khasiat daun kenikir yang banyak itu, maka tak ada salahnya memasukan kenikir dalam menu harian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru