Jarang Beraktivitas Fisik? Waspada 5 Penyebab Hipertensi Ini

Jumat, 29 Juli 2022 | 10:18 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Jarang Beraktivitas Fisik? Waspada 5 Penyebab Hipertensi Ini

ILUSTRASI. Hipertensi


KESEHATAN - Hipertensi atau disebut juga tekanan darah tinggi adalah gangguan kesehan yang kerap terjadi. Penyebab hipertensi dapat dipengaruhi oleh banyak hal.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah bertambahnya usia. Pasalnya, semakin tua metabalisme tubuh tidak sebaik saat muda oleh karena itu risiko hipertensi menjadi lebih besar. 

Meski demikian, hal tersebut tetap bisa dicegah dan diantisipasi. Caranya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat sedari dini sehingga terhindar dari hipertensi di hari tua.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Big Match Arema FC VS PSIS Semarang

Melansir dari Good RX, kenali beberapa penyabab  hipertensi yang harus Anda waspadai.

Jarang Beraktivitas Fisik

Perlu Anda ketahui bahwa jarang melakukan aktivitas fisik bisa menjadi penyebab hipertensi loh. Agar tekanan darah normal, cobalah untuk melakukan aktivitas fisik contohnya seperti olahraga. 

Alkohol 

Mengkonsumsi minuman beralkohol juga dapat menjadi penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu, terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol juga dapat meningkatkan berat badan serta berbahaya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 5 Efek Samping Minyak Zaitun Jika Digunakan Berlebihan

Mengkonsumsi Obat Tertentu 

Mengkonsumsi beberapa jenis obat tertentu dapat menimbulkan efek samping yang bisa menjadi penyebab hipertensi. Jika Anda mengalami hal serupa, segeralah untuk berkonsultasi ke dokter agar bisa mendapatkan obat yang tidak menimbulkan efek samping yang berlebihan. 

Mengkonsumsi Sedikit Kalium 

Jika tubuh kekurangan kalium, hal tersebut bisa menjadi penyebab hipertensi juga loh. Oleh karena itu cobalah untuk mengkonsumsi kalium yang cukup setiap harinya. 

Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui berapa banyak asupan kalium dan cara untuk memenuhinya. Sehingga tubuh Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari hipertensi.

Baca Juga: Punya Tekanan Darah Rendah? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

Ketidakseimbangan Hormon

Hormon yang tidak seimbang bisa menjadi salah satu penyebab hipertensi yang perlu Anda ketahui. Salah satu hormon yang berpengaruh terhadap tekanan darah adalah tiroid. 

Rajin-rajinlah untuk melakukan tes darah untuk mengetahui hormon tiroid Anda begitupun kesehatan tubuh lainnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru