Kenali 4 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Hati, Catat!

Senin, 27 Juni 2022 | 04:29 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Kenali 4 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Hati, Catat!

ILUSTRASI. Makanan yang baik untuk kesehatan hati.


KONTAN.CO.ID - Salah satu cara menjaga kesehatan hati adalah dengan mengontrol asupan makanan. Terdapat beberapa makanan yang baik untuk kesehatan hati yang perlu Anda ketahui. 

Umumnya makanan yang baik untuk kesehatan hati mengandung banyak nutrisi yang dibutuh oleh tubuh. Contohnya, seperti protein, serat, lemak sehat, kalsium, vitamin, dan berbagai jenis nutrisi lainnya.

Selain itu, mengkonsumsi makanan yang untuk kesehatan hati juga cocok dilakukan bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Pasalnya, kebanyakan makanan yang baik untuk kesehatan hati mengandung kalori yang rendah. Sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. 

Baca Juga: Mau Cepat Hamil? Simak 7 Cara Berikut yang Wajib Diketahui

Lantas, apa saja makanan yang baik untuk kesehatan hati tersebut?

Melansir dari Eating Well, berikut beberapa makanan yang baik untuk kesehatan hati, di antaranya adalah:

Buah Alpukat

Buah alpukat adalah salah satu makanan yang baik untuk menjaga kesehatan hati. Pasalnya, mengandung lemak sehat yang membahayakan kesehatan.

Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa buah alpukat dapat membantu mengurangi asosiasi peradangan hati dengan perlemakan hati non-alkohol. Selain itu, buah alpukat juga mudah untuk dicari serta dapat dikonsumsi langsung maupun diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Mengkonsumsi Bawang Merah Untuk Kesehatan, Baik Untuk Pencernaan

Minyak Zaitun

Selain alpukat, minyak zaitun juga baik untuk kesehatan jantung karena mengandung lemak sehat juga alis lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh tunggal yang sehat dari minyak zaitun telah dikaitkan dengan penurunan kandungan lemak di hati pada tikus dengan penyakit hati berlemak non-alkohol. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam World Journal of Gastroenterology menemukan bahwa tikus dengan penyakit hati berlemak non-alkohol yang diberi minyak zaitun menurunkan penumpukan lemak yang disebut trigliserida. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat tersebut.

Salmon

Daging ikan salmon juga termasuk salah satu makanan yang baik untuk kesehatan hati. Ikan yang identik dikonsumsi saat diet ini memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk salah satunya hati.

Sebuah tinjauan tahun 2020 yang diterbitkan di Nutrients menemukan bahwa asam lemak omega-3 dalam salmon dapat membantu mengurangi peradangan yang ditemukan pada penyakit hati berlemak. 

Baca Juga: Link SnapTik Situs Download Video TikTok Tanpa Watermark Terbaru dan Gratis

Buah Beri

Perlu Anda ketahui, berbagai jenis buah beri mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan hati. Contohnya, seperti stroberi, bluberi, raspberi dan lain-lain.

Menurut sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal of Translational Internal Medicine, antioksidan yang disebut polifenol dapat membantu pengobatan penyakit hati berlemak non-alkohol dengan meningkatkan oksidasi asam lemak (atau kerusakan) dan mengendalikan resistensi insulin, stres oksidatif, dan peradangan dengan lebih baik. Berbagai kandungan tersebut dapat ditemukan dalam berbagai jenis buah beri yang disebutkan di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru