Kenali 5 Gejala Anemia Agar Bisa Ditangani Secepatnya

Jumat, 17 Februari 2023 | 16:48 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Kenali 5 Gejala Anemia Agar Bisa Ditangani Secepatnya


KESEHATAN - Gejala anemia adalah salah satu hal yang penting untuk diketahui. Pasalnya, gejala anemia menjadi tanda awal salah satu penyakit yang cukup berbahaya dan perlu diwaspadai.

Mengetahui gejala anemia merupakan salah satu hal penting, agar dapat sesegera mungkin mengatasi anemia yang Anda alami. 

Umumnya, anemia atau kekurangan darah disebabkan oleh tubuh yang kekurangan zat besi. Untuk itu Anda bisa mencoba mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi.

Baca Juga: Hati-hati! Ini 6 Gejala Penyakit Tipes yang Mungkin Anda Alami

Selain dapat mencegah anemia atau kekurangan darah, mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi juga baik untuk kesehatan khususnya sel darah merah yang berperan untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. 

Melansir dari ETimes, berikut beberapa gejala anemia yang perlu diwaspadai:

1. Sesak Napas 

Anemia atau kekurangan darah dapat menyebabkan sesak napas yang cukup membahayakan. Gejala anemia ini relatif mudah diidentifikasi, sehingga Anda bisa segera melakukan penanganan sesegera mungkin.

Baca Juga: Cek Ya 6 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!

2. Jantung Berdebar 

Gejala anemia yang umumnya terjadi selanjutnya adalah jantung berdebar. Hal ini tidak boleh dianggap sepele, pasalnya pada kondisi tersebut jantung bekerja lebih cepat dari biasanya kareana harus mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. 

Biasanya jantung berdebar adalah gejala anemia yang dialami jika tidak segera melakukan pengobatan. Sehingga kondisi darah relatif rendah.

Baca Juga: 6 Makanan Penurun Kolesterol yang Mudah Didapatkan, Wajib Tahu Ya!

3. Kelelahan Ekstrem 

Kelelahan ekstrem juga menjadi salah satu tanda dan gejala anemia atau kekurangan darah yang perlu Anda waspadai. Biasanya, tubuh akan terasa lebih lelah meski melakukan aktivitas yang tidak terlalu berat. 

4. Kaki Terasa Dingin 

Anda juga perlu berwaspada jika mengalami kaki dingin dalam waktu berkepanjangan. Pasalnya, aliran oksigen terhambat yang disebabkan oleh kekurangan darah atau anemia. Selain kaki, tangan jangan juga terasa dingin.

Baca Juga: Sayang Dilewatkan, Kenali 7 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

5. Kulit Pucat

Gejala anemia selanjutnya yaitu kulit tampak terlihat pucat. Hal tersebut dikarenakan hemoglobin dalam tubuh yang relatif rendah. Bahkan, tidak hanya kulit, gusi, bibir hingga kelopak mata juga akan terlihat lebih pucat.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru