Kenali 6 Manfaat Daun Kelor, Dari Jaga Kesehatan Ginjal Hingga Turunkan Risiko Kanker

Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:23 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Kenali 6 Manfaat Daun Kelor, Dari Jaga Kesehatan Ginjal Hingga Turunkan Risiko Kanker

ILUSTRASI. Teh daun kelor


KESEHATAN - Daun kelor adalah salah satu tanaman yang menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Hal tersebut dikarenakan daun kelor mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Karena sudah banyak terbukti khasiatnya, daun kelor juga kerap dijadikan salah satu bahan ramuan berbagai jenis suplemen kesehatan. 

Bahkan sebagian orang, ada juga yang menggunakan daun kelor sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi. Salah satunya ibu hamil, hal tersebut dikarenakan daun kelor mempunyai khasiat yang dapat meningkatkan produksi ASI.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Ada Pertandingan Brentford vs Man United

Selain itu, dilansir dari Thailand Medical News ada beberapa khasiat daun kelor lain, di antaranya: 

Menurunkan Risiko Kanker 

Selain itu, khasiat daun kelor lainnya adalah dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker yang berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, mengkonsumsi daun kelor secara rutin juga bisa membantu proses kemoterapi menjadi lebih efektif. 

Melindungi Liver 

Mengkonsumsi daun kelor juga dapat melindungi liver loh. Hal tersebut dikarenakan kandungan dalam daun kelor mampu menyaring racun-racun dan meningkatkan metabolisme tubuh. 

Menjaga Kesehatan Ginjal 

Daun kelor juga mempunyai manfaat yang bisa menjaga organ tubuh lain, yaitu ginjal. Kandungan  kalsium oksalat dalam daun kelor mempunyai khasiat dapat mencegah batu ginjal.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Big Match Pekan 4 Bali United Vs Arema FC

Menjaga Kesehatan Kulit

Khasiat daun kelor selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Kandungan vitamin dan antioksidan dalam daun kelor mampu meningkatkan produksi kolagen serta menutrisi kulit secara maksimal. 

Oleh karena itu, mengkonsumsi daun kelor secara rutin dapat munculnya tanda-tanda penuaan alias jadi awet muda. 

Meredakan Peradangan 

Daun kelor mengandung antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, vitamin dan masih banyak lagi nutrisi yang baik bagi kesehatan lainnya. Dengan banyaknya kandungan tersebut daun kelor mempunyai khasiat yang dapat meredakan berbagai macam peradangan atau inflamasi sehingga tubuh bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga: 5 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Membantu Mengobati Anemia 

Khasiat daun kelor selanjutnya adalah dapat dijadikan obat alami untuk penderita anemia atau kekurangan darah. Pasalnya, daun kelor mengandung cukup banyak zat besi, protein dan berbagai nutrisi lain yang bisa membantu meningkatkan sel darah merah. 

Meski mempunya banyak khasiat, Anda tida boleh mengkonsumsi daun kelor secara berlebihan. Serta disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar tidak muncul efek samping dan memaksimalkan manfaat bisa didapatkan dari daun kelor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru