Kenali Penyebab dan Cara Melaporkan Akun Prakerja Diblokir

Rabu, 10 Juli 2024 | 17:06 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Kenali Penyebab dan Cara Melaporkan Akun Prakerja Diblokir

ILUSTRASI. Cara Melaporkan Akun Prakerja Diblokir oleh Sistem. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/wsj.


TIPS & TRIK - JAKARTA. Simak penyebab dan cara melaporkan akun Prakerja diblokir oleh sistem. Pelatihan kartu Prakerja tentu sudah memasuki gelombang ke 70 setelah diluncurkan lebih dari 4 tahun.

Program Kartu Prakerja merupakan inisiatif pemerintah untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing tenaga kerja Indonesia melalui berbagai pelatihan online.

Program ini telah membantu banyak individu untuk meningkatkan kualifikasi dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan dunia kerja.

Namun, beberapa peserta mungkin menghadapi masalah seperti akun yang terblokir, yang tentu saja dapat menghambat akses mereka ke manfaat program ini.

Akun penerima Prakerja bisa diblokir karena berbagai alasan, mulai dari kesalahan teknis hingga pelanggaran ketentuan program.

Baca Juga: Pendaftaran Prakerja Gelombang 70 Tutup Malam Ini (8/7), Cek Lagi Syarat Daftarnya

Penyebab akun Prakerja diblokir

Bukalapak Salah Satu Digital Platform Prakerja Dengan Pilihan Kelas Terbanyak di 2023

Setiap aturan yang tertuang pada Syarat dan Ketentuan wajib dipatuhi oleh penerima. Artinya, ada beberapa alasan apabila akun pengguna atau penerima prakerja diblokir oleh sistem.

  • Data Tidak Valid atau Palsu: Ditemukan data saat pendaftaran tidak valid atau terdeteksi palsu, akun Anda dapat diblokir. Pemeriksaan ketat dilakukan untuk memastikan bahwa semua peserta memenuhi syarat dan memberikan informasi yang benar.
  • Pelanggaran Ketentuan Penggunaan: Melanggar syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh program Prakerja dapat mengakibatkan akun Anda diblokir. Ini termasuk tindakan seperti mencoba mendaftar lebih dari satu kali dengan data yang berbeda atau menggunakan akun untuk tujuan yang tidak sesuai.
  • Aktivitas Mencurigakan: Jika ada aktivitas mencurigakan yang terdeteksi pada akun Anda, seperti upaya untuk melakukan penipuan atau penggunaan perangkat lunak otomatis untuk mengakses layanan, akun Anda mungkin akan diblokir untuk melindungi integritas program.
  • Penggunaan Tidak Sah: Menggunakan akun Prakerja untuk tujuan yang tidak sah, termasuk menjual atau meminjamkan akun kepada orang lain, bisa menjadi alasan pemblokiran.
  • Verifikasi Gagal: Kegagalan dalam proses verifikasi, seperti verifikasi identitas melalui e-KTP atau verifikasi wajah, dapat menyebabkan akun Anda diblokir.

Nah, Ada beberapa langkah yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah pemblokiran tersebut.

Cara melaporkan akun Prakerja diblokir

Akun Prakerja Anda terblokir meskipun Anda merasa tidak melakukan kesalahan? Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, dilansir dari laman Bantuan Prakerja.

  • Buka formulir pengaduan di tautan ini.
  • Masukkan data diri, alamat email, dan informasi lain yang diperlukan.
  • Pilih status kepesertaan, apakah sebagai peserta atau calon peserta penerima.
  • Masukkan pengaduan Anda dengan judul "Akun Terblokir".
  • Jelaskan secara rinci masalah dan kendala yang Anda hadapi, termasuk kronologi bagaimana akun Anda bisa terblokir.
  • Setelah memastikan semua informasi sudah benar, kirimkan pengaduan tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk mendapatkan penanganan terkait akun Prakerja yang terblokir. Salah satunya adalah dengan mengirim email pengaduan ke alamat info@prakerja.go.id atau menghubungi call center Prakerja.

Demikian penjelasan terkait kenapa akun prakerja diblokir hingga langkah untuk mengatasinya ketika penerima merasa tidak melanggar syarat dan ketentuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru