IPHONE - JAKARTA. Pahami tipe garansi resmi iPhone Indonesia serta Internasional dan cara klaimnya. Perangkat yang berasal dari Apple Inc ini menjadi salah satu HP yang digandrungi di Seluruh Dunia termasuk Indonesia.
iPhone merupakan produk Apple dengan label flagship sehingga memiliki fitur mewah termasuk harga di atas rata-rata HP lainnya.
Sebagai pengguna, setiap perilisan iPhone baru setiap tahunnya memiliki perkembangan yang berbeda, termasuk program pembeliannya.
Beberapa distributor di Indonesia memberikan layanan pre-order hingga sistem klaim garansi yang memudahkan pengguna.
Baca Juga: Harga iPhone 13 dan 14 Beda Rp 1 Jutaan, Cek Perubahan Pasca 15 Series Rilis
Tentunya, hal ini dalam upaya memberikan layanan yang sepadan dengan banderol iPhone yang selangit.
Selain itu, ini juga menjadi upaya untuk mencegah penipuan seperti penjualan iPhone HDC atau supercopy dijual dengan harga 1-2 juta.
Supaya terhindar dari produk-produk iPhone tersebut, Anda sebaiknya membeli iPhone di distributor resmi serta mempelajari jenis-jenis garansinya.
Distributor resmi iPhone dan tipe garansinya
Saat ini, terdapat tiga distributor resmi Apple di Indonesia atau Apple Authorized Reseller Indonesia.
- Blibli atau PT Global Digital Niaga memiliki iPhone dengan kode SA/A.
- iBox yang merupakan dari Erafone Grup memiliki iPhone dengan kode PA/A
- Digimap milik PT Mitra Adi Perkasa (MAP) menjadi salah satu distributor resmi Apple dengan kode iPhone ID/A.
Garansi yang disediakan untuk produk-produk Apple, termasuk iPhone, bersifat internasional.
Garansi resmi Indonesia
Pembeli iPhone seperti iBox hingga Blibli di Indonesia dapat memanfaatkan layanan servis Apple Service Provider sesuai ketentuan distributor.
Sesuai dengan namanya, dalam hal ini distributor resmi Apple di Indonesia bakalan memberikan garansi jangka waktu tertentu.
Cara klaim garansi after sales ini lebih terjamin dalam pemilihan iPhone, lebih baik memilih iPhone di distributor resminya baik secara online maupun secara offline
Selain itu, pengguna juga bisa klaim berbagai negara di seluruh dunia selama iPhone masih berada dalam masa garansi Apple.
Baca Juga: Erajaya Digital Resmikan Apple Premium Partner Ketiga di Indonesia
Di Indonesia, terdapat daftar Apple Authorized Service Provider (AASP) yang bekerja sama dengan distributor resmi Apple. AASP terdiri dari dua jenis partner, yaitu AASP Independent dan AASP Reguler.
AASP Independent merupakan perusahaan yang bermitra dengan Apple khusus dalam penyediaan layanan servis. Beberapa mitra resmi, seperti Mitracare dan QCD, memiliki kewenangan lebih tinggi dalam memperbaiki kerusakan tingkat tinggi pada iPhone.
Cara klaim Garansi iPhone resmi Indonesia
Sebagai contoh, saat HP pengguna terdapat kerusakan tingkat tinggi, AASP Reguler akan mengarahkan perbaikan ke Mitracare dan QCD.
Sementara itu, AASP Reguler adalah perusahaan yang menjalankan mitra dengan Apple dalam penyediaan layanan servis dan penjualan ritel. Contoh mitra AASP Reguler di Indonesia termasuk iBox, Story-i, dan Digimap.
Namun, untuk menjaga netralitas, Apple membatasi fungsi service provider yang dimiliki oleh mitra tersebut. AASP Reguler hanya dapat menangani perbaikan kerusakan tingkat rendah pada iPhone.
Jika tingkat kerusakan lebih kompleks, AASP Reguler akan mengalihkan iPhone kepada AASP Independent untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
Penting untuk dicatat bahwa konsumen yang membeli iPhone dari distributor resmi dapat memperoleh layanan servis di seluruh AASP di Indonesia.
Sebagai contoh, pelanggan yang membeli iPhone dari Blibli dapat menggunakan layanan servis di Mitracare, QCD, iBox, Story-i, dan Digimap. Hal yang sama berlaku untuk produk iPhone yang dibeli dari distributor resmi lainnya.
Oleh karena itu, penting untuk memastikan pembelian produk Apple dilakukan dari authorized reseller, seperti Blibli, Hello Store, iBox, dan Digimap, untuk mendapatkan produk original dan layanan servis serta purnajual yang optimal.
Garansi iPhone internasional
Selain di Indonesia, beberapa Apple Fan merokemendasikan servis dan klaim garansi iPhone di luar negeri. Anda bisa cek bagian Garansi atau Warranty pada bagian Pengaturan iPhone Anda.
Biasanya, iPhone akan memberikan garansi 1 tahun semenjak iPhone diaktifkan oleh pengguna saat membeli dari distributor resmi.
Untuk klaimnya, pastikan bahwa iPhone Anda masih berada dalam masa garansi Apple. Garansi umumnya mencakup kerusakan perangkat keras atau masalah produksi.
Cek Apple Support untuk mendiskusikan masalah yang Anda alami dengan iPhone dan klaim garansi di luar negeri. Anda dapat menghubungi Apple Support melalui situs web resmi Apple atau menggunakan aplikasi Dukungan Apple di perangkat iOS.
Pastikan memahami panduan yang diberikan oleh Apple Support. Mereka mungkin meminta Anda untuk memberikan informasi tertentu, seperti nomor seri iPhone, deskripsi masalah, dan bukti pembelian.
Apple mungkin merekomendasikan Apple Authorized Service Provider (AASP) di Singapura tempat Anda dapat membawa iPhone untuk diperbaiki.
Di Singapura, Apple akan memberikan estimasi kepada pelanggan terkait biaya kerusakan yang terjadi saat garansi iPhone sudah habis.
Itulah panduan mudah untuk informasi terkait cara klaim garansi iPhone dan macam-macamnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News