​Link Unduh Logo dan Tema Hari Pahlawan 10 November 2023, Yuk Ramaikan di Sosmed!

Selasa, 07 November 2023 | 15:34 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Link Unduh Logo dan Tema Hari Pahlawan 10 November 2023, Yuk Ramaikan di Sosmed!

ILUSTRASI. Tema dan Logo Hari Pahlawan 2023.


Logo dan Tema Hari Pahlawan - Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November. Link download logo Hari Pahlawan 2023 bisa diunduh di sini. Tema Hari Pahlawan 2023 adalah "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".

Peringatan Hari Pahlawan untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang berjuang mengusir penjajah dari Indonesia. 

Puncaknya pada peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945 banyak korban yang berjatuhan. 

Selain itu, pada Hari Pahlawan generasi muda juga bisa menanamkan nilai-nilai kepahlawanan untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing. 

Baca Juga: 30 Ucapan Hari Pahlawan 2023, Simpan dan Jadikan Caption di Media Sosial

Logo Hari Pahlawan 2023

Logo Hari Pahlawan 2023 adalah sebagai berikut:

Logo Hari Pahlawan 2023

Sementara link unduh logo Hari Pahlawan 2023 adalah sebagai berikut:

Filosofi logo Hari Pahlawan 2023 adalah sebagai berikut:

1. Matahari

Matahari melambangkan penerangan, mengingat bagaimana kehadirannya yang terang menerangi dunia dan memberikan harapan sama seperti pahlawan. 

2. Saling merangkul

Pahlawan adalah orang yang merangkul orang lain demi tercapainya tujuan bersama dan tidak hanya memikirkan diri sendiri. 

3. Anyaman bambu

Anyaman adalah tradisi bangsa Indonesia yang banyak dijadikan sebagai usaha rakyat. Ini merupakan simbolisasi bagaimana ekonomi kerakyatan bisa membuat Indonesia tumbuh. 

Baca Juga: Kumpulan Twibbon Hari Wayang Nasional 2023, Pakai Bingkai Foto Keren Ini

Sejarah Hari Pahlawan 

Sejarah Hari Pahlawan dimulai setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, pemerintah mengeluarkan maklumat yang menetapkan mulai 1 September 1945 bendera nasional Sang Saka Merah Putih dikibarkan di seluruh wilayah Indonesia. 

Dirangkum dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Bone, gerakan pengibaran bendera tersebut meluas ke seluruh daerah-daerah, salah satunya di Surabaya.

Pada 25 September 1945, tentara Inggris yang tergabung dalam AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) dengan tentara NICA (Netherlands Indies Civil Administration) berada di Surabaya. 

Baca Juga: 20 Ucapan Hari Wayang Nasional 2023, Cocok Jadi Caption di Media Sosial

Tugas mereka adalah melucuti tentara Jepang, memulangkan mereka ke negaranya, membebaskan tawanan perang yang ditahan oleh Jepang, sekaligus mengembalikan Indonesia kepada pemerintahan Belanda sebagai negara jajahan.

Hal ini memicu kemarahan warga Surabaya, dan menganggap Belanda menghina kemerdekaan Indonesia dan melecehkan bendera Merah Putih. 

Warga Surabaya pun protes dengan berkerumun di depan Hotel Yamato dan meminta bendera Belanda diturunkan lalu kibarkan bendera Indonesia.

Pada 27 Oktober 1945, perwakilan Indonesia berunding dengan pihak Belanda dan terjadilah perkelahian dalam ruang perundingan tersebut.

Baca Juga: Hari Pahlawan 2023, KAI Tawarkan Promo Tiket dengan Diskon 25%

Sejumlah warga ingin masuk ke hotel, tetapi dari pihak Indonesia yakni Hariyono dan Koesno Wibowo yang berhasil merobek bagian biru bendera Belanda sehingga bendera menjadi Merah Putih.

Kemudian pada 29 Oktober, pihak Indonesia dan Inggris sepakat menandatangani gencatan senjata.

Namun keesokan harinya, kedua pihak bentrok dan menyebabkan Brigadir Jenderal Mallaby, pimpinan tentara Inggris, tewas tertembak hingga mobil yang ditumpanginya diledakan oleh milisi.

Melalui Mayor Jenderal Robert Mansergh, pengganti Mallaby, ia mengeluarkan ultimatum yang menyebutkan bahwa semua pimpinan dan orang Indonesia bersenjata harus melapor serta meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan.

Baca Juga: 20 Twibbon Hari Tata Ruang Nasional 2023 yang Diperingati Setiap 8 November

Tak hanya itu, mereka pun meminta orang Indonesia menyerahkan diri dengan mengangkat tangan di atas dengan batas ultimatum pada pukul 06.00, 10 November 1945.

Ultimatum tersebut membuat rakyat Surabaya marah hingga terjadi pertempuran 10 November 1945. 

Perang antar kedua kubu berlangsung sekitar tiga minggu. Tokoh perjuangan yang menggerakkan rakyat Surabaya antara lain Sutomo, K.H. Hasyim Asyari, dan Wahab Hasbullah.

Nah, peristiwa tersebut yang menjadi sejarah Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November. 

Demikian penjelasan mengenai tema dan logo Hari Pahlawan 2023 dan sejarah Hari Pahlawan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru