Manfaat bawang putih untuk tubuh yang sudah terbukti khasiatnya

Rabu, 28 Juli 2021 | 14:00 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Manfaat bawang putih untuk tubuh yang sudah terbukti khasiatnya

KONTAN.CO.ID - Manfaat bawang putih untuk tubuh sudah tidak diragukan lagi. Bawang putih memang menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Bawang putih kerap dimanfaatkan juga dalam dunia pengobat herbal dan sudah terbukti khasiatnya untuk tubuh.

Manfaat bawang putih untuk tubuh tidak hanya tenar di tanah air tapi juga negara lainnya seperti Rusia dan Jerman. Berikut manfaat bawang putih untuk tubuh yang sudah terbukti khasiatnya.   

Baca Juga: 4 Minuman segar penurun asam lambung tinggi

1. Mengurangi gejala diabetes melitus 

Bawang putih mengandung antioksidan yang berperan untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Untuk Anda penderita diabetes melitus alias kencing manis, bawang putih bisa mengurangi gejala penyakit diabetes melitus yang sedang Anda derita. Untuk merasakan manfaatnya Anda cukup makan bawang putih mentah maksimal tiga siung setiap hari. 

2. Menurunkan kolesterol

Bawang putih telah lama dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk mencegah kolesterol tinggi. Sebuah penelitian terdahulu yang dimuat dalam Journal of Postgraduate Medicine melaporkan makan sekitar 10 gram bawang putih mentah (1-2 siung kecil) setiap hari berhasil menurunkan kolesterol cukup drastis dalam dua bulan.

Temuan tersebut juga diperkuat oleh beragam studi yang lebih terkini. Salah satunya adalah studi yang dimuat dalam International Journal of Medical Science and Public Health tahun 2016. Setelah 90 hari masa percobaan, seluruh partisipan tersebut mengalami penurunan kolesterol yang cukup banyak, yaitu sekitar 10-13 persen.

Baca Juga: Bikin ngiler, mukbang Korean Food ini dijamin bikin tambah lapar

3. Menurunkan risiko kanker

Manfaat menguntungkan dari bawang putih telah dikenal selama berabad-abad. Melansir dari National Center for Biotechnology Information, bukti penelitian sejauh ini menunjukkan kaitan antara konsumsi bawang putih rutin dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker.

Termasuk kanker perut (lambung, usus besar, dan usus kecil), kanker kerongkongan, kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker prostat. Bawang putih mentah kaya akan kandungan sulfur aktif yang mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya dalam tubuh.

Masih banyak lagi manfaat bawang putih untuk tubuh yang sudah terbukti khasiatnya. Moms bisa konsumsi bawang putih untuk mengurangi penyakit yang Anda derita. Semoga bermanfaat Moms. 

Selanjutnya: Dilarang Melakukan Hal-Hal ini Saat Melaksanakan Isolasi Mandiri

Editor: Helvana Yulian
Terbaru