Manfaat daun ketapang sebagai obat alami ikan hias

Senin, 26 Juli 2021 | 15:30 WIB Sumber: Aquariadise
Manfaat daun ketapang sebagai obat alami ikan hias


IKAN HIAS - Ketikamemelihara ikan hias, Anda tentu akan memberikan perawatan yang terbaik karena ikan merupakan hewan peliharaan yang cukup rentan. Selain memberikan makanan dan ketersediaan air bersih, Anda mungkin juga memerlukan daun ketapang untuk menjaga kesehatan ikan.

Terminalia Catappa atau biasa disebut tumbuhan ketapang adalah tanaman populer yang biasa digunakan untuk mengobati ikan cupang. Selain cupang, ikan hias lainnya juga bisa memanfaatkan ketapang untuk menjaga kesehatan, seperti ikan manfish, barb, platy, diskus, neon tetra dan lain-lain.

Baca Juga: Inilah ikan cupang yang akan tren tahun 2021 menurut pemilik 88 Genetical Farm

Ketapang berupa pohon yang memiliki ciri khas daun lebar dan bertajuk. Daun ketapang sangat mudah gugur dalam jumlah banyak, tetapi tetap masih bermanfaat.

Pohon ketapang biasanya diambil bagian ranting dan daunnya untuk dimanfaatkan. Daun ketapang mengandung flavonoid berupa kaempferol, quercetin, tannins, saphonins, dan phystosterols.

Dilansir dari aquariadise.com, daun pohon ini dikenal karena kemampuannya untuk bertindak sebagai obat alami dan kondisioner air akuarium untuk tangki ikan cupang dan udang. Daun ini juga diklaim mampu memerangi jamur dan masalah bakteri yang menyebabkan sirip ikan membusuk.

Penggunaan daun ketapang juga menjadi alternatif yang baik untuk menurunkan pH air daripada menggunakan bahan kimia yang dapat mengakibatkan kelebihan atau kekurangan dosis. Hal ini mampu mencegah stres pada ikan yang baru datang karena ketidakstabilan pH air. Beberapa pengguna daun ketapang juga mengatakan daun ketapang bermanfaat untuk mencerahkan warna pada ikan.

Proses penggunaan daun ketapang dimulai dari mengeringkan daun. Setelah daun kering, daun diletakkan di dalam air hingga membusuk. Daun yang membusuk akan mengubah warna air menjadi kucing atau coklat dengan melepaskan tanin.

Baca Juga: Ini tanda tanaman hias terlalu banyak disiram, pemula wajib tahu

Tanin ini secara bertahap akan menurunkan pH air dan memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Tanin memiliki kemampuan untuk mengendapkan enzim penting dari bakteri dan jamur. Ini memungkinkan akan meningkatkan kemampuan ikan untuk melawan infeksi.   

Sementara itu, warna kecokelatan air sebenarnya bukan hal yang bermasalah untuk ikan karena meniru habitat alami banyak spesies ikan. Kondisi air yang mirip dengan habitat alami ikan, akan membantu merangsang perkembangbiakan ikan.

Masih ada manfaat lagi, bagi benih ikan dan bayi udang, daun ketapang merupakan sumber makanan awal karena mereka suka memakan bahan daun yang membusuk. Daun ketapang juga berpotensi menjadi makanan darurat bagi ikan atau udang, jika sumber makanan lain langka.

Kendati demikian, daun ketapang ini tidak direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kondisi air kolam atau akuarium yang memiliki pH yang terlalu rendah, terutama bagi ikan hias yang membutuhkan air dengan kondisi pH tinggi.

Selanjutnya: Bisnis hewan peliharaan booming, startup Petskita tangkap peluang pet economy

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru