Masih Asing di Telinga, Ini Manfaat Okra untuk Tubuh

Rabu, 05 April 2023 | 16:26 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Masih Asing di Telinga, Ini Manfaat Okra untuk Tubuh


KESEHATAN - Manfaat okra untuk kesehatan tubuh nampaknya masih asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, okra menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Selain itu, okra juga termasuk salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, manfaat okra untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. 

Kandungan nutrisi dalam okra di antaranya seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, kalsium dan lain-lain. 

Baca Juga: Yuk Catat 5 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!

Lalu apa saja manfaat okra untuk kesehatan tubuh?

Melansir dari NDTV Food, berikut beberapa manfaat okra untuk kesehatan tubuh: 

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat okra untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian adalah mampu membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, okra mengandung banyak vitamin, serat yang mampu membuat perut terasa kenyang. 

Selain itu, okra juga termasuk sayuran yang rendah kalori sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

2. Mengontrol Diabetes

Manfaat okra untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu juga mampu mengontrol diabetes. Pasalnya, okra kaya akan serat larut yang efektif dalam mengendalikan gula darah. 

Kandungan tersebut memperlambat penyerapan karbohidrat dari makanan, menunda pencernaan yang mencegah lonjakan pasca makan dan rasa lapar. 

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Okra juga sangat berperan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, okra termasuk salah satu sayuran yang kaya akan flavonoid atau antioksidan yang berperan aktif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui, Apa Saja?

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat okra untuk kesehatan tubuh juga mampu meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa yang membantu memodulasi kadar kolesterol darah dan mengurangi risiko berbagai penyakit.

Baca Juga: Wajib Tahu Saat Puasa! Kenali 8 Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain itu, ada manfaat okra untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu mampu menjaga kesehatan kulit. Pasalnya, okra mengandung vitamin A, vitamin C dan antioksidan yang membantu memurnikan darah dan membuang racun. 

Faktor-faktor ini selanjutnya dapat membantu memperlambat proses penuaan kulit dan juga mengurangi masalah seperti iritasi kulit dan tanda penuaan. Demikian, beberapa manfaat okra untuk kesehatan tubuh yang penting diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru