Mau Kirim Video tapi Kebesaran? Ini 6 Aplikasi Android Terbaik untuk Kompres Video

Jumat, 23 Desember 2022 | 14:52 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mau Kirim Video tapi Kebesaran? Ini 6 Aplikasi Android Terbaik untuk Kompres Video

ILUSTRASI. Mau Kirim Video tapi Kebesaran? Ini 6 Aplikasi Android Terbaik untuk Kompres Video. KONTAN/Daniel Prabowo/06/01/2009


APLIKASI ANDROID -  Bagi pengguna handphone (HP) yang gemar mengambil video untuk konten, pasti sering mengalami kendala saat ingin mengirim video namun ukuran file terlalu besar. 

Selain pengguna umum, konten video saat ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan hingga bisnis rumahan. 

Karena kebutuhannya yang semakin meningkat, mahasiswa dan lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV) perlu mengeksplorasi lebih jauh tentang konten video. 

Tidak hanya seputar proses pembuatannya, namun juga memahami proses pengunggahannya. Hal yang sering terjadi saat upload video adalah ukuran file yang terlalu besar. 

Baca Juga: Lowongan Magang Mahasiswa dan Fresh Graduate di Unilever, Ini Syarat dan Posisinya

Bersumber dari situs Institut Teknologi Batam (Iteba), berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi Android untuk resize atau mengkompres ukuran video.

Rekomendasi aplikasi kompres video 

  • Video Dieter 2

Video Dieter 2 adalah aplikasi untuk Android yang berukuran cukup ringan. Selain mendukung pengeditan foto, aplikasi ini juga mendukung konversi konten 4K. 

Anda bahkan bisa memberikan filter pada foto favorit. Selain untuk kompres video, aplikasi ini juga menyediakan pilihan untuk kualitas video, seperti rendah, sedang, dan tinggi. 

  • Video Transcoder

Rekomendasi aplikasi kompres video selanjutnya adalah Video Transcoder. Aplikasi ini digunakan untuk kompres video yang menggunakan program open source FFmpeg untuk mentranskode file video dari satu format ke format lainnya. 

Jika ingin mengkompres ukuran video di Android, tapi tidak ingin melihat banyak iklan, Anda bisa mencoba aplikasi download ini. 

  • Smart Video Compressor and Resizer

Aplikasi ini dikembangkan oleh AppAspect Technologies Pvt Ltd., dan merupakan salah satu aplikasi kompres video gratis. Selain itu Smart Video Compressor and Resizer ini bisa digunakan dengan cepat dan sederhana. 

Selain resize video, aplikasi ini juga memiliki vitur mengurangi ukuran file lebih dari 70 persen hingga 80persen. Video yang bisa dikompresi adalah file 720p, VGA, dan video berkualitas rendah. 

  • Any Video Converter for Android

Aplikasi konversi video terpopuler adalah Any Video Converter. Aplikasi ini membantu kamu mengkompres video dengan mudah. 

Anda cukup melakukan drop dan drag file yang ingin dikompres, pilih parameter kompresi, dan kemudian jalankan. 

Aplikasi ini bisa mengkonversi video ke beragam format, terutama untuk upload konten di YouTube. 

Dengan versi gratis, aplikasi ini memberi pengguna fungsionalitas untuk menempatkan 100+ format video dan mengubahnya menjadi 160+ format video dengan kualitas lossless 100 persen. 

Baca Juga: Tanpa Perlu Minum Obat, 3 Cara Alami Ini Bisa Mengatasi Masalah Sakit Kepala

  • VidCompact

Aplikasi kompres video selanjutnya yang direkomendasikan untuk mahasiswa DKV maupun umum adalah VidCompact

Aplikasi ini diproduksi oleh pembuat aplikasi editor VideoShow dan telah diunduh lebih dari 100 juta kali. 

Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh VidCompact, seperti pemangkasan video, dan kompresi video. Pengguna bisa memilih fitur trim dan compress untuk menentukan ukuran video. Aplikasi ini gratis dan tidak ada fitur berbayar.

  • Video Compressor & Editor 

Video Compressor & Editor adalah aplikasi untuk mengkompres file video dengan kualitas terbaik. Video bisa dipotong, dipangkas, dipisah, digabung, dan dirotasi sesuai kebutuhan.

Anda bisa mengompres satu file atau beberapa file dengan menggunakan aplikasi ini. Ada beberapa pilihan resolusi yang tersedia untuk file H264 dan HEVC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru