Membantu Menurun Berat Badan, Kenali 7 Manfaat Mengkonsumsi Jahe

Senin, 25 Juli 2022 | 08:10 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Membantu Menurun Berat Badan, Kenali 7 Manfaat Mengkonsumsi Jahe

ILUSTRASI. Jahe


KONTAN.CO.ID - Jahe dikenal menjadi salah satu rempah yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Selain mempunyai banyak manfaat, jahe juga sering dikonsumsi untuk mengobati berbagai jenis penyakit. 

Untuk mendapatkan khasiat atau manfaat jahe, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung, merebus, hingga menumbuk jahe hingga halus sekalipun. 

Jahe mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, natrium, kalium, vitamin C dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 8 Negara Paling Banyak Juara Dunia: Brazil Jadi yang Terbanyak

Beberapa kandungan tersebut yang membuat jahe menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Berikut beberapa manfaat jahe bagi kesehatan yang dilansir dari Medlife, di antaranya:

Menurunkan Berat Badan 

Bagi Anda yang sedang menjalan program diet untuk menurunkan berat badan, mengkonsumsi jahe adalah opsi yang patut untuk dicoba. Pasalnya, meski mengandung banyak nutrisi jahe termasuk rendah kalori dan dapat menghindari obesitas. 

Mencegah Rambut Rontok 

Jahe juga mempunyai manfaat yang dapat mencegah rambut rontok. Ada beberapa kandungan dalam jahe yang baik untuk kesehatan kulit kepala sehingga membuat rambut lebih sehat dan kuat serta terhindar rambut yang rapuh.

Baca Juga: Sering Buang Air Kecil? Waspada 6 Gejala Penyakit Ginjal Berikut

Mencegah Kanker 

Tidak tanggung-tanggung jahe mempunyai manfaat yang dapat membantu mencegah kanker. Pasalnya, jahe mengandung antiinflamasi yang dipercaya mampu melawan sel-sel kanker. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut. 

Meredakan Sakit Haid

Manfaat jahe selanjutnya yaitu dapat meredakan sakit haid atau menstruasi. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi perempuan. Cobalah untuk mengkonsumsi jahe secara rutin agar sakit haid bisa berkurang.

Baca Juga: Catat! 5 Makanan yang Dapat Membantu Menyembuhkan Mata Minus

Menjaga Kesehatan Jantung 

Selanjutnya jahe juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, mengkonsumsi jahe secara rutin mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dan mencegah penggumpalan darah. 

Menjaga Kesehatan Liver 

Manfaat jahe versi Medlife yang terakhir adalah menjaga kesehatan liver. Hal tersebut dikarenakan jahe mampu melindungi liver dari racun atau serangan benda asing yang dapat membahayakan kesehatan.

Baca Juga: Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark MP4 MP3 Melalui TikMate

Mencegah Tanda Penuaan 

Salah satu manfaat mengkonsumsi jahe dipercaya mampu mencegah tanda-tanda penuaan. Cobalah untuk mengkonsumsi jahe secara rutin. Pasalnya, selain dapat mencegah tanda penuaan sekaligus dapat mencerahkan kulit. 

Demikian beberapa manfaat jahe bagi kesehatan. Meski demikian, jangan juga mengkonsumsi jahe secara berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru