Membantu Menurunkan Berat Badan, Ini 8 Manfaat Teh Hijau

Jumat, 03 Juni 2022 | 14:54 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Membantu Menurunkan Berat Badan, Ini 8 Manfaat Teh Hijau

ILUSTRASI. Manfaat teh hijau.


KONTAN.CO.ID - Teh hijau adalah salah satu jenis teh herbal yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat mengonsumsi teh hijau adalah dapat membantu menurunkan berat badan. 

Sehingga tak heran, sebagian orang kerap mengonsumsi teh hijau saat menjalankan program diet menurunkan berat badan.

Bahkan, teh hijau juga disebut-sebut sebagai salah satu minuman paling sehat karena banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Banyaknya manfaat tersebut lantaran teh hijau mengandung banyak nutrisi. Beberapa nutrisi tersebut di antaranya protein, magnesium, kalium, dan antioksidan. 

Selain itu, kini teh hijau juga dijadikan berbagai jenis minuman yang enak untuk dikonsumsi dan banyak dijual di berbagai kedai. 

Baca Juga: 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Wajah, Simak!

Lalu, apa saja manfaat teh hijau bagi kesehatan? 

Berikut beberapa manfaat teh hijau bagi kesehatan yang dilansir dari Medical News Today, di antaranya:

Menurunkan berat badan 

Rasanya manfaat teh hijau yang dapat menurunkan berat badan sudah cukup populer diketahui banyak orang. Pasalnya, teh hijau kerap dijadikan salah satu minuman saat diet untuk menurunkan berat badan. 

Sebuah tinjauan dari beberapa penelitian menemukan, katekin dalam teh hijau dan kafein mungkin memiliki peran dalam meningkatkan metabolisme energi yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Menjaga kesehatan kulit 

Teh hijau juga mempunyai manfaat yang mampu menjaga kesehatan kulit. Sebab, teh hijau mengandung sifat antiinflamasi yang mampu mencegah peradangan pada kulit.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Batuk Kering, Sudah Coba 5 Obat Alami Ini?

Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi teh hijau secara rutin juga mempunyai manfaat yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung. 

Sebuah studi tahun 2006 menunjukkan, konsumsi teh hijau dikaitkan dengan penurunan angka kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Menurunkan kolesterol

Selain menjaga kesehatan jantung, mengonsumsi teh hijau secara rutin juga berkaitan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Menurunkan risiko stroke

Minum teh hijau secara teratur tampaknya juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit stroke.

Sebuah studi American Heart Association (AHA) menyatakan, memmasukkan teh hijau dalam makanan sehari-hari seseorang dapat dikaitkan dengan perubahan kecil dalam risiko terkena penyakit stroke.

Baca Juga: 5 Obat Herbal Untuk Mengatasi Maag yang Ampuh dan Mudah Dicari, Catat!

Mencegah diabetes 

Teh hijau juga kerap direkomendasikan untuk penderita dan mencegah diabetes tipe 2. Selain itu, teh hijau juga merupakan salah satu minum yang dikonsumsi bagi orang yang menjalankan diet mediterania.

Mencegah demensia

Teh hijau juga mempunyai manfaat yang mampu mencegah demensia, lo. Soalnya, mengonsumsi teh hijau mamlu meningkatkan kinerja memori seseorang dan fungsi kognitif lainnya.

Teh hijau juga mempunyai manfaat yang mampu mencegah penyakit Alzheimer.

Baca Juga: Cara Meredakan Gusi Bengkak, Coba Gunakan 6 Bahan Alami Ini

Mencegah kanker

Manfaat teh hijau lainnya yaitu dipercaya dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker jahat. Namun, kanker yang dimaksud cenderung ke tingkah yang masih rendah.

Selain itu, masih diperlukan penelitian lebih untuk membuktikan minum teh hijau mengurangi risiko kanker secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru