Mengatasi mata merah bisa pakai bahan alami, simak kiatnya

Minggu, 06 Juni 2021 | 14:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mengatasi mata merah bisa pakai bahan alami, simak kiatnya

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mata merah merupakan salah satu kondisi yang wajar. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya terus-menerus. Supaya kesehatan tubuh terjaga, berbagai macam cara mengatasi mata merah perlu Anda lakukan.

Biasanya, mata merah terjadi akibat iritasi mata. Polusi, asap rokok, alergi, debu, paparan bahan kimia, dan sinar matahari jadi beberapa faktor yang menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata melebar. Akibatnya, mata Anda berubah warna menjadi merah.

Selain itu, masih ada faktor penyebab mata merah lain yang lebih serius. Misalnya, infeksi mata, kecelakaan, dan lain sebagainya. Jika beberapa cara mengobati mata merah berikut tak bisa menyembuhkan masalah yang Anda alami, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Kompres Dingin

Melansir Firstcry.com, kompres dingin bisa jadi salah satu obat tetes mata merah. Cobalah untuk meletakkan handuk yang dibasahi dengan air dingin di atas kelopak mata selama lima hingga 10 menit. Suhu dingin yang keluar akan mengendurkan pembuluh darah sehingga mata merah dapat berkurang.

Baca Juga: Cara mengenali potensi penyakit jantung, cek dari tanda-tanda di kulit dan kuku

Kantung Teh

Selain kompres dingin, kantung teh juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati mata merah karena mengandung flavonoid dan senyawa yang lain. anda perlu meletakkan kantung teh dalam kulkas selama 30 menit terlebih dahulu sebelum meletakkannya di atas kelopak mata.

Timun

Apakah Anda suka mengonsumsi timun? Ternyata, cara mengatasi mata merah bisa dilakukan dengan bahan alami itu, lo. Selain itu, antiinflamasi dalam timun pun bisa digunakan untuk mengatasi mata bengkak.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, letakkan beberapa iris timun dalam kulkas. Setelah dingin, letakkan irisan timun itu di atas mata selama 30 menit. Untuk hasil maksimal, lakukan cara tersebut dua hingga tiga kali dalam sehari.

Air Mawar

Cara mengatasi mata merah selanjutnya yang perlu Anda coba adalah dengan menggunakan air mawar. Firstcry.com mengatakan bahwa air mawar mengandung antiinflamasi yang efektif mengatasi iritasi. Caranya, celupkan kapas pada air mawar lalu letakkan di atas kelopak mata selama minimal lima menit.

Baca Juga: Sederet manfaat daun sirih merah untuk kesehatan

Lidah Buaya

Salah satu cara mengatasi mata merah adalah dengan memakai lidah buaya.

Jika Anda mencari cara menghilangkan mata merah, tak ada salahnya untuk memilih lidah buaya. Sama seperti bahan alami yang lain, lidah buaya dipenuhi dengan antiinflamasi. Tak hanya itu, lidah buaya juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

Caranya, campur gel lidah buaya dengan air secukupnya. Setelah teraduk rata, dinginkan dulu dalam kulkas selama satu jam. Selanjutnya, rendam kapas pada air lidah buaya yang sudah dingin lalu letakkan di atas mata Anda.

Selanjutnya: Bisa Anda coba, berikut 4 obat sinusitis dari bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru