Mengenal manfaat siwak yang harus Anda tahu

Minggu, 25 Juli 2021 | 18:15 WIB   Reporter: Rizka Noveliana
Mengenal manfaat siwak yang harus Anda tahu

KONTAN.CO.ID - Siwak adalah dahan atau akar dari pohon siwak yang memberikan manfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Dahan atau akar pohon siwak harus bertekstur lembut, harus bisa membersihkan dan berserat serta bersifat basah.

Melansir dari wikipedia, saat anda siwak pertama kali, akan merasakan pedas dan sedikit membakar, karena terdapat kandungan serupa mustard di dalamnya yang merupakan substansi antibacterial acids. Lalu, kandungan kimia seperti Klorida, Pottasium, Sodium Bicarbonate, Fluoride, Silika, Sulfur, Vitamin C, Trimethyl amine, Salvadorine, Tannins dan beberapa mineral lainnya yang berfungsi untuk membersihkan gigi, memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi.

Selain membersihkan gigi dan gusi, siwak juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan gigi. Simak penjelasan singkat berikut ini:

1. Mencegah gigi berlubang

Siwak dapat mencegah gigi berlubang. Mengutip dari theAsianparent, batang kayu siwak mengandung fluoride, resin, klorida dan kalsium yang berfungsi menjaga kekuatan akar gigi, mencegah gigi berlubang, serta memperkuat permukaan gigi secara berkelanjutan. 

Baca Juga: Apa beda air purifier dengan air humidifier? Simak di sinicari

2. Menghilangkan bau mulut

Siwak bisa menjadi solusi untuk masalah bau mulut. Volatile oils di dalam siwak dapat menjaga kesegaran mulut serta menyeimbangkan produksi air liur. 

3. Menyembuhkan sariawan

Siwak mengandung vitamin C yang dapat mempercepat proses penyembuhan dengan memperbaiki jaringan atau luka pada dinding mulut.

4. Mencegah gusi bengkak dan berdarah

Di dalam siwak, terdapat tannic acid dan trimethylamine yang mampu mencegah serta menyembuhkan masalah gusi.

5. Mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut

Siwak juga mengandung tannic acid, sulfur dan alkaloid di dalam siwak berfungsi sebagai anti bakteri. Sehinggan dapat mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

6. Mencegah kanker

Siwak mengandung benzyl isothiocyanate dan flavonoids, yang bersifat chemopreventive sehingga mampu mencegah zat toksin dan zat karsinogenik penyebab kanker. Tak hanya membersihkan, siwak juga memberikan perlindungan yang optimal bagi gigi dan mulut.

Di era moderen, perusahaan odol gigi juga telah menambahkan ekstrak siwak di dalam kandungan odol. Itulah manfaat dari siwak untuk kesehatan gigi. Jangan ragu lagi menggunakan siwak sebagai bahan pembersih gigi anda.

Selanjutnya: Kenali 5 Bahan Alami dan Manfaatnya dalam Body Care Anda

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru