Mengurangi Risiko Kanker, Apa Saja Manfaat Cengkeh untuk Tubuh?

Selasa, 28 Maret 2023 | 16:09 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Mengurangi Risiko Kanker, Apa Saja Manfaat Cengkeh untuk Tubuh?


KESEHATAN - Manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui. Pasalnya, manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh juga telah terbukti klinis. 

Tak heran manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh cukup menjadi sorotan. Selain itu, cengkeh juga termasuk salah satu rempah yang mengandung banyak nutrisi. 

Banyaknya kandungan nutrisi tersebutlah yang membuat cengkeh memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Catat Yuk 5 Manfaat Singkong untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis

Kandungan nutrisi dalam cengkeh di antaranya seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin E, vitamin K dan masih banyak lagi. 

Melansir dari BBC Good Food, berikut beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh, di antaranya: 

1. Mengandung Banyak Antiinflamasi

Salah satu manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh yang cukup menjadi sorotan adalah banyaknya kandungan antiinflamasi dalam cengkeh. Sehingga mengkonsumsi cengkeh mampu mencegah peradangan dan penyakit kronis.

Baca Juga: Tengok Yuk 5 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan yang Menjadi Sorotan

2. Meredakan Rasa Sakit

Tak berhenti disitu, cengkeh juga mempunyai manfaat yang mampu meredakan rasa sakit. Bahkan, cengkeh telah lama digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit alami sejak abad ke-14 untuk berbagai kondisi termasuk sakit gigi.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh yang tidak kalah hebat yaitu mampu mengurangi risiko kanker. Hal tersebut dikarenakan cengkeh mengandung cukup banyak sifat antikanker. 

Selain itu, ada beberapa penelitian yang menunjukan bahwa sifat antikanker dalam cengkeh bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, di antaranya kanker serviks.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Terbukti Klinis, Catat Ya!

4. Menjaga Kesehatan Hati

Selain itu, cengkeh juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati. Terdapat penelitian yang menunjukkan perbaikan penyakit hati berlemak dan sirosis hati setelah mengkonsumsi cengkeh.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu mampu mengontrol kadar gula darah. 

Hal tersebut dikarenakan cengkeh mengandung senyawa yang telah teruji mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Meski demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru