KONTAN.CO.ID - Salah satu pekerjaan dari rumah yang saat ini semakin dibutuhkan adalah asisten virtual atau virtual assistant. Apa tugas dan keahlian yang dimiliki para virtual assistant? Artikel ini akan membahasnya dengan singkat.
Mengutip platform pencarian kerja global, Indeed, virtual assistant adalah orang yang menyediakan layanan administratif kepada perusahaan dan klien dari jarak jauh.
Profesi ini menawarkan fleksibilitas waktu dan tempat. Menariknya lagi, banyak klien memberikan peluang bagi karyawan tingkat pemula, bahkan pekerja lepas seperti ibu rumah tangga dan mahasiswa tingkat akhir.
Jika Anda tertarik untuk bekerja dari rumah, menekuni profesi sebagai virtual assistant bisa menjadi pilihan menarik.
Baca Juga: Tips Menjadi Content Writer untuk Mahasiswa, Bisa Dapat Cuan Sambil Kuliah
Apa Saja Tugas Virtual Assistant?
Pada dasarnya, virtual assistant akan berperan layaknya asisten bagi seorang pemimpin perusahaan, namun melalui digital. Beberapa tugas seorang virtual assistant di antaranya:
- Memantau dan mengelola komunikasi email
- Menjawab dan mengarahkan panggilan telepon
- Kegiatan pembukuan, penagihan dan akuntansi
- Mengatur file dan dokumen
- Menyalin dokumen
- Entri data dan manajemen spreadsheet
- Mempersiapkan, mengedit, dan mengoreksi laporan dan presentasi
- Mengelola kehadiran media sosial online dan profil profesional
- Mengelola jadwal dan kalender
- Menangani pengaturan perjalanan
- Memberikan dukungan kepada pelanggan
Baca Juga: Kerja Data Entry Dari Rumah, Kuasai Skill Ini Sebelum Mulai
Keahlian Apa yang Dibutuhkan untuk Menjadi Virtual Assistant?
Berikut adalah beberapa keahlian atau skill kunci yang wajib dimiliki para virtual assistant:
1. Kemampuan Komputer
Terbiasa menggunakan internet, mengelola email, menggunakan komunikasi berbasis cloud, seperti berbagi berkas, pengelola kata sandi, dan telekonferensi. Kemahiran dalam membuat dokumen, berkas, dan spreadsheet juga penting.
2. Keterampilan Editorial
Hal ini berkaitan dengan kemampuan menulis dokumen dan pesan formal, menulis cepat, hingga merangkum dokumen dan hasil riset.
3. Komunikasi
Sebagai perwakilan dari klien, Anda juga wajib memiliki kemampuan komunikasi verbal dan non-verbal yang baik, sehingga citra klien tetap terjaga dengan baik.
4. Manajemen Waktu
Salah satu tugas seorang asisten virtual adalah menyusun jadwal, sangat penting untuk memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik. Sebagai pekerja lepa, asisten virtual juga sering menangani pekerjaan dari beberapa klien secara bersamaan dan harus memastikan bahwa semua tugas diselesaikan secara efektif dan tepat waktu.
5. Pembukuan Dasar
Terakhir skill yang harus dimiliki virtual assistant adalah pembukuan dasar, seperti memproses faktur, pengeluaran, dan catatan keuangan. Kemampuan ini memberikan nilai lebih pada Anda di mata calon klien.
Tonton: Didesak Mundur, CEO Intel Dijadwalkan Temui Trump di Gedung Putih
Selanjutnya: Rukun Raharja (RAJA) Realisasikan Capex US$ 20 Juta pada Semester I-2025
Menarik Dibaca: Selain Makanan Manis, Ini 5 Penyebab Kadar Gula Darah Tinggi yang Jarang Diketahui
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News