Mudah! 5 Cara Menghilangkan Noda pada Kuku Setelah Memasak

Sabtu, 24 Agustus 2024 | 21:30 WIB   Reporter: kompas.com
Mudah! 5 Cara Menghilangkan Noda pada Kuku Setelah Memasak

ILUSTRASI. Kuku terkena noda saat memasak? Ini lima tips menghilangkan noda pada kuku setelah memasak.


KESEHATAN - JAKARTA. Beberapa bahan dapur bisa meninggalkan noda pada kuku ketika kita memasak. Misalnya, jika memasak menggunakan bahan dapur seperti kunyit, yang dikenal sebagai pewarna kuning alami.

Terlebih pada masakan khas Indonesia, banyak sekali menu yang menggunakan rempah kunyit.  Namun, ketika mengupas kulit kunyit, tentunya warna kuningnya akan menetap di kuku dalam waktu cukup lama.

Bahkan dibersihkan dengan sabun saja tidak bisa langsung mengempaskannya.

Baca Juga: Ini 6 Bahan Alami untuk Mengatasi Bau Ketidak dan Badan Tanpa Deodoran

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda pada kuku setelah memasak, dikutip dari Byrdie, Sabtu (24/8/2024).

Tips menghilangkan noda pada kuku setelah memasak

1. Segera bersihkan noda di permukaan kuku

Beberapa bahan dapur bisa segera hilang jika segera bersihkan. Sebab, nodanya tersebut masih cukup diangkat dan bisa hilang jika cepat diatasi.

Kamu bisa bersihkan menggunakan kapas dan pembersih cat kuku dan usapkan beberapa kali sampai warnanya memudar.

2. Rendam kuku ke larutan cuka

Dokter kulit bersertifikat di New York Diane Madfes, MD merekomendasikan untuk merendam kuku dalam campuran cuka putih dan air hangat. Larutan ini menjadi solusi untuk mengembalikan warna kuku yang terkena noda.

Setelah menggunakan cara ini, kamu bisa oleskan pelembab ke area sekitar kuku agar tetap lembap.

“Coba campurkan satu sendok makan cuka dalam secangkir air hangat dan rendam selama 10-15 menit,” sarannya.

3. Gunakan pasta gigi

Selain cuka, kamu juga bisa memanfaatkan pasta gigi untuk menghilangkan noda membandel pada kuku. Oleskan seluruh permukaan kuku dengan pasta gigi pemutih. Setelah itu gunakan sikat kuku untuk menggosok kuku dengan lembut.

Apabila kuku masih bernoda, kamu bisa oleskan kembali pasta gigi dan biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

4. Campuran baking soda

Baking soda ataupun soda kue dikenal ampuh mengangkat minyak dan noda membandel pada peralatan masak. Bukan cuma itu, ternyata baking soda juga mengatasi noda kuku setelah memasak.

Kamu bisa campurkan dua sendok teh soda kue dengan sedikit air hangat sampai teksturnya seperti pasta. Kemudian, oleskan pasta tersebut kebagian atas dan bawah kuku yang panjang. Diamkan selama kurang lebih 5 menit dan bilas sampai bersih. 

5. Pakai eksfoliator kuku

Tak cuma wajah, ternyata kuku juga memiliki eksfoliator yang bisa mengatasi berbagai permasalahan kuku. Namun, kamu sebaiknya gunakan eksfoliator kuku dengan kandungan lembut agar tidak membuat kuku menjadi lebih kering.

Pastikan kamu ikuti cara pakai dengan benar dan tidak membiarkan eksfoliasi kuku terlalu lama.

Sebab jika terlalu lama, kandungan bahan aktif di dalamnya justru bisa merusak permukaan kuku. Setelah melakukan eksfoliasi kuku, kamu bisa gunakan minyak kuku ataupun vitamin kuku agar lembap maksimal. 

Baca Juga: Kegunaan Obat Kolesterol Simvastatin, Dosis, dan Efek Sampingnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Catat, 5 Tips Menghiilangkan Noda pada Kuku Setelah Memasak", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2024/08/24/120500920/catat-5-tips-menghiilangkan-noda-pada-kuku-setelah-memasak?page=all#page2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru