Mudah Anda coba, begini 5 cara cepat menstruasi

Rabu, 03 November 2021 | 18:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah Anda coba, begini 5 cara cepat menstruasi


KESEHATAN - Secara umum, siklus menstruasi berlangsung 21 sampai 35 hari. Sayang, ada sejumlah wanita yang mengalami siklus mentruasi yang sering terlambat. Cara cepat menstruasi berikut ini perlu Anda coba.

Ada banyak faktor mengapa siklus menstruasi Anda datang terlambat. Mulai dari stres yang tidak terkontrol, berat badan terlalu tinggi atau rendah, menopause, hingga kondisi kesehatan yang lainnya.

Selain mencoba beberapa hal di bawah ini, pastikan untuk mendatangi dokter terlebih dahulu, ya. Anda perlu membicarakan kondisi dan langkah-langkah apa yang ingin Anda coba.

Dengan begitu, risiko efek samping yang berpotensi mengganggu kesehatan dapat Anda hindari.

Konsumsi nanas

Melansir Healthline, mengonsumsi nanas bisa jadi salah satu cara memicu terjadinya menstruasi. Menurut sebuah penelitian, bromelain, salah satu enzim dalam nanas, bisa menurunkan inflamasi yang berisiko memperlambat kemunculan menstruasi.

Baca Juga: Umum terjadi, 4 tanda-tanda hamil ini bisa Anda alami

Manfaatkan kunyit

Mengonsumsi kunyit termasuk cara cepat menstruasi.

Selain menggunakan nanas, cara cepat menstruasi juga bisa Anda coba dengan memanfaatkan kunyit. Kandungan dalam jenis rempah itu mampu memengaruhi jumlah estrogen dan progesteron dalam tubuh sehingga memicu terjadinya siklus menstruasi.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan jika ingin mengonsumsi kunyit. Anda bisa mencampurnya dengan susu, air hangat, atau menambahkannya dalam menu sehat yang Anda konsumsi.

Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi kunyit terlalu banyak untuk menghindari efek samping.

Relaksasi

Salah satu penyebab siklus menstruasi terlambata dalah stres yang tak terkelola dengan baik. Nah, salah satu cara supaya Anda tidak terlalu stres adalah dengan melakukan kegiatan relaksasi. Mulai dari yoga, meditasi, hingga menulis jurnal.

Baca Juga: Ini penyebab dan pengobatan darah haid menggumpal

Konsumsi jahe

Cara cepat menstruasi bisa dengan mengonsumsi jahe.

Healthline menyebutkan, mengonsumsi jahe pun dapat jadi salah satu cara cepat menstruasi. Anda bisa minum air rebusan jahe dengan menambahkan sedikit madu supaya rasanya lebih lezat. Selain itu, Anda juga bisa menambah jahe di menu makan Anda.

Kompres hangat

Tahukah Anda bahwa kompres hangat dapat menstimulasi terjadinya menstruasi? Tak hanya mengurangi stres, kompres hangat juga bisa mengendurkan otot yang menegang. Anda pun bisa berendam di air hangat supaya mendapat efek yang serupa.

Selanjutnya: Darah haid menggumpal? Ini penyebab dan pengobatannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru