Mudah, Ini Cara Merebus Telur dengan Benar Agar Mudah Dikupas

Kamis, 25 April 2024 | 09:08 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Mudah, Ini Cara Merebus Telur dengan Benar Agar Mudah Dikupas

ILUSTRASI. Panduan merebus telur dengan Benar


TIPS & TRIK - JAKARTA. Simak cara merebus telur yang benar beserta kesalahan yang perlu dihindari. Konsumsi telur tentu penting dengan berbagai metode pemasakan.

Salah satu olahan telur yang paling populer dan diklaim sehat yakni Telur Rebis. Jenis telur ini dimasak dengan cara direbus dalam air mendidih hingga matang.

Biasanya, telur rebus dimasak dengan cangkangnya tetap utuh dan dimasukkan ke dalam air mendidih selama beberapa waktu sampai kuning telur dan putih telurnya matang.

Setelah dimasak, telur rebus bisa langsung dikonsumsi atau digunakan sebagai bahan dalam berbagai hidangan, seperti salad telur, telur balado, atau telur dadar.

Baca Juga: 8 Sumber Lemak Sehat untuk MPASI Bayi yang Mudah Ditemukan

Berapa lama merebus telur?

Telur rebus

Biarkan telur tetap di dalam air panas selama 4 hingga 12 menit, tergantung seberapa keras atau padat Anda ingin kuning telurnya.

Mengapa terdapat rentang waktu? Semakin lama telur berada dalam air panas, kuning telur akan semakin matang.

Anda dapat menentukan waktu yang lebih singkat untuk telur rebus setengah matang dan waktu yang lebih lama untuk telur rebus matang.

Melansir dari All Recipes, Anda dapat menggunakan panduan waktu ini untuk telur berukuran besar.

Waktu Kuning Telur Putih Telur
2-4 menit Setengah matang dan cair Setengah matang, cair
6-8 menit Setengah matang dan padat Padat
10-15 menit Benar-benar matang Benar-benar matang

Telur berukuran lebih kecil akan membutuhkan waktu lebih sedikit dan telur berukuran ekstra besar atau jumbo akan membutuhkan waktu lebih lama.

Baca Juga: Ada 5 Makanan yang Tidak Sehat untuk Anak-Anak, Perlu Dihindari Sejak Dini

Kesalahan merebus telur

Salah satu kesalahan umum dalam merebus telur adalah membiarkan telur terendam dalam air mendidih terlalu lama. Ini bisa membuat telur retak atau bahkan meledak karena tekanan yang terlalu tinggi di dalamnya.

Selain itu, jika telur dimasukkan langsung ke dalam air mendidih, mereka mungkin pecah karena perubahan suhu yang terlalu tiba-tiba.

Lebih baik untuk membiarkan telur mencapai suhu ruangan terlebih dahulu sebelum dimasak, dan juga memberi sedikit cuka atau garam ke air rebusan dapat membantu mencegah telur pecah.

Langkah-langkah merebus telur

Setelah mengenal beberapa tips waktu dan kesalahan umum dalam memasak, berikut ini panduan merebus telur yang bisa dicoba.

Langkah 1

Anda perlu memanaskan air dengan api besar hingga mendidih. Tutup panci dengan penutupnya.

Langkah 2

Anda dapat mulai meletakkan telur dalam satu lapisan di dasar panci. Ketinggian air sebaiknya mencapai sekitar satu 3cm lebih tinggi dari telur.

Langkah 3

Angkat dari api dan biarkan dalam air selama 10-12 menit untuk telur berukuran besar. Kurangi waktu sedikit untuk telur berukuran lebih kecil, dan perpanjang waktu perendaman untuk telur berukuran ekstra besar.

Langkah 4

Tiriskan air dan segera siram telur dengan air es hingga dingin. Pendinginan cepat membantu mencegah terbentuknya cincin hijau di sekitar kuning telur.

Itulah panduan mudah bagi pemula dalam memasak telur rebus agar berhasil sesuai keinginan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru