Musim hujan datang, ini tips menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat dan sehat

Senin, 25 Januari 2021 | 15:45 WIB Sumber: Kompas.com
Musim hujan datang, ini tips menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat dan sehat


KESEHATAN - Jakarta. Musim hujan tiba, tubuh menjadi rentan dan gampang sakit. Simak tips menjaga daya tahan tubuh tetap kuat dan sehat di tengah musim hujan berikut ini.

Udara dingin, lembap dan mendung yang identik dengan musim hujan bisa membuat daya tahan tubuh menurun, apalagi aktivitas fisik cenderung menurun. Jika kita tidak berhati-hati, penyakit mudah menyerang.

Di masa pandemi seperti sekarang, menjaga daya tahan tubuh adalah modal dasar kita terhindar dari virus. Terlebih kasus harian Covid-19 masih tinggi.

Berikut 10 tips menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh di kala musim hujan.

1. Jaga kebersihan pribadi

Cara utama menjaga daya tahan tubuh tetap kuat di musim hujan adalah dengan jaga kebersihan pribadi. Ada banyak virus dan bakteri yang mengintai di sekitar kita dan menunggu untuk menyerang orang yang daya tahan tubuhnya lemah. Tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Mencuci tangan, mandi setelah bepergian, hingga memakai masker.

2. Perkuat imunitas

Selanjutnya, cara menjaga daya tahan tubuh tetap kuat di musim hujan adalah dengan memperkuat imunitas. Cara terbaik untuk memulai sistem pertahanan adalah mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung vitamin, serat, dan mineral. Jika diperlukan, konsumsi suplemen. Minum teh hijau juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, lho!

3. Gunakan pakaian dan alas kaki yang kering

Apabila kamu sering menghabiskan waktu di luar rumah, sebaiknya siapkan pakaian dan alas kaki ekstra yang bisa kamu pakai saat bajumu basah karena terkena air hujan. Pakaian dan sepatu basah sering menjadi rumah bagi mikroba, begitu pula cucian kotor. Pastikan untuk mengenakan pakaian dan sepatu yang bersih dan benar-benar kering untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat di musim hujan.

4. Bersihkan lingkungan rumah

Selain di dalam rumah, perhatikan kebersihan lingkungan sekitar. Air yang tergenang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Oleh karena itu, membersihkan lingkungan rumah juga termasuk cara menjaga daya tahan tubuh tetap kuat di musim hujan.

Baca juga: Kasus Covid-19 meledak, inilah vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Editor: Adi Wikanto

Terbaru