Niat Sholat Sunah Duha, Jumlah Rakaat, dan Waktu yang Tepat Mengerjakannya

Selasa, 08 Oktober 2024 | 00:25 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Niat Sholat Sunah Duha, Jumlah Rakaat, dan Waktu yang Tepat Mengerjakannya

ILUSTRASI. Niat Sholat Sunnah Dhuha, Jumlah Rakaat, dan Waktu yang Tepat Mengerjakannya


TIPS & TRIK -  Berikut ini informasi tentang tata cara hingga bacaan niat dan doa salat duha bagi pemula. 

Mengutip buku Risalah Tuntunan Salat Lengkap karya Moh. Rifa'i, yang dibagikan Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan (Sumsel), Salat Duha merupakan salat sunah yang dikerjakan pada waktu matahari sedang naik. 

Waktu untuk melaksanakan salat Duha kira-kira saat matahari sedang naik sekitar pukul 7 hingga masuk waktu Duhur. 

Salat Duha memiliki jumlah rakaat minimal dua dan sebaiknya dikerjakan sebanyak empat rakaat. Jumlah paling sempurna rakaat pada salat Duha adalah sebanyak enam rakaat dan maksimal delapan rakaat. 

Baca Juga: Cara Membuat CV ATS Friendly dan Poin yang Harus Dicantumkan

Saat mengerjakan Salat Duha boleh dengan ketentuan empat rakaat dengan satu kali salam. Namun lebih utama jika dikerjakan dengan ketentuan dua rakaat-dua rakaat salam. 

Tata cara dan bacaan doa Salat duha

Tata cara melaksanakan salat sunah ini sebanyak dua rakaat pertama-tama dimulai dengan membaca doa niat Salat Duha yaitu 

Ushalli sunnatadh dhuhaa ro'ataini lillahi ta'aalaa

Artinya: "Aku niat Sholat Dhuha dua rakaat karena Allah Ta'ala."

Melansir dari laman NU Jawa Tengah, pada dua rakaat salat yang pertama, disunahkan untuk membaca surat as-Syams dan membaca surat ad-Dhuhaha pada rakaat kedua setelah membaca al-Fatihah. 

Untuk salat Duha 4 rakaat, saat dua rakaat berikutnya, setelah membaca al-Fatihah, sunah untuk membaca surat al-Kafirun dan surat al-Ikhlas pada rakaat kedua. 

Sedangkan untuk Salat Duha setelah empat rakaat, surat yang dibaca setelah al-Fatihah adalah surat Al-Kafirun dan surat al-Ikhlas di setiap salatnya. 

Baca Juga: Ini 3 Cara Transfer Pulsa Indosat ke Sesama dengan Kode Provider dan SMS

Kemudian, sebaiknya membaca doa berikut ini setelah mengerjakan Salat Duha:

Allahumma innadh dhuhaa'a duhaa'uka wal bahaa'a bahaa'auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-'ismata 'ismatuka. 

Allahumma in kaana rizqii fis-samaa'i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu'assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu, wa in kaana ba'iidan fa qarribhu bi haqqi dhuhaa'ika wa bahaa'ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita 'ibaadakash-shalihiin.

Artinya: 

"Ya Allah, bahwasanya waktu duha itu waktu duha Mu, kecantikan ialah kecantikan Mu, keindahan itu keindahan Mu, kekuatan itu kekuatan Mu, kekuasaan itu kekuasaan Mu, dan perlindungan itu, perlindungan Mu".

"Ya Allah, jika rezeki ku masih di atas langit, turunkan lah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar dimudahkanlah, jika haram disucikanlah, jika masih jauh dekatkan lah, berkat waktu duha, keagungan, keindahan, kekuatan, dan kekuatan Mu, limpahkan lah kepada kami segala yang Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang soleh".

Itulah tata cara salat Duha, jumlah rakaat, bacaan doa, hingga waktu yang tepat untuk salat a yang bisa dipelajari oleh pemula. 

Setelah membaca informasi di atas, semoga Anda bisa mengerjakan salat Duha dengan baik sesuai dengan sunah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru