Noda tinta di baju susah hilang? Ini 5 cara ampuh hilangkan noda tinta di baju

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 05:20 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Noda tinta di baju susah hilang? Ini 5 cara ampuh hilangkan noda tinta di baju


TIPS & TRIK -  Baju kantor atau baju sekolah anak ada noda tinta membandel? Ada cara ampuh untuk menghilangkan noda tinta membadnel di baju dengan bahan sederhana. 

Kebanyakan orang menggunakan cairan pemutih untuk menghilangkan berbagai macam noda. Namun tidak semua jenis kain dan warna bisa menggunakan cairan tersebut untuk menghapus noda.  

Campuran zat kimia di pemutih pakaian akan memudarkan warna pakaian. Alih-alih bersih, baju berwarna Anda malah berubah warna menjadi pudar. 

Untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian sebenarnya cukup mudah. Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan noda tersebut. 

Apa saja bahan tersebut? Berikut cara mudah menghilangkan noda tinta di pakaian dihimpun dari Boldsky dan Parenting Firstcry.

Baca Juga: Mudah download video TikTok tanpa watermark dan tanpa aplikasi pakai 3 cara ini

  • Aseton atau nail polish remover

Ada sisa aseton untuk menghilangkan cat kuku? Manfaatkan bahan ini untuk menghilangkan noda di baju warna.

Caranya cukup mudah, Anda cukup mengusap bagian yang terkena tinta menggunakan sedikit aseton.

Gunakan cotton bud atau kapas untuk mengoleskan aseton pada noda. Jika noda tinta sudah hilang, cuci baju seperti biasa. Baju berwarna Anda bersih dari noda tinta dan warna tidak luntur. 

  • Garam

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghapus noda tinta adalah garam. Bahan dapur ini cukup mudah digunakan untuk menghilangkan noda tinta di baju. 

Taburkan garam di atas noda tinta yang masih basah, lalu usap perlahan garam tersebut. Gunakan lap basah untuk mengelap garam tersebut. Ulangi jika masih ada sisa tinta yang tersisa.

  • Maizena

Tepung maizena ini memiliki beragam manfaat. Tidak hanya sebagai bahan membuat makanan, tapi juga membersihkan noda tinta. 

Cara menggunakan tepung maizena untuk menghilangkan noda pulpen di baju cukup mudah. Campurkan maizena dengan sedikit susu hingga menjadi pasta.

Oleskan pasta maizena ke noda tinta dan tunggu hingga kering. Setelah kering, hilangkan maizena lalu cuci baju seperti biasa.

Baca Juga: Honda Prospect Motor buka kembali lowongan kerja untuk lulusan SMA dan S1

  • Susu putih

Kadang cairan pemutih baju tidak bisa menghilangkan noda tinta secara tuntas. Noda tinta terkadang masih tersisa meski sudah dicuci berulang kali. 

Untuk baju putih, Anda bisa menggunakan susu untuk menghilangkan noda pulpen. Siapkan susu dalam wadah yang cukup besar.

Rendam baju yang terkena tinta di dalam susu dan diamkan semalam. Setelah noda hilang, cuci baju seperti biasa. Anda bisa menggunakan susu yang sudah tidak layak diminum untuk menghilangkan noda tinta di baju.

  • Cuka dapur

Cuka dapur memiliki segudang fungsi selain untuk memasak, salah satunya adalah menghilangkan noda tinta di baju. 

Campurkan 3 sendok maizena dengan 2 sendok cuka dapur, aduk hingga membentuk pasta. Basahi noda tinta lalu oleskan pasta cuka di noda tersebut. Tunggu hingga kering. Setelah noda hilang, cuci baju seperti biasa.

Selanjutnya: Bingung pilih D4 atau S1? Simak persamaan dan perbedaan dari D4 dan S1 ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru