Panduan Cara Jual Foto di Internet beserta Syarat Mudahnya

Selasa, 14 Maret 2023 | 08:46 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Panduan Cara Jual Foto di Internet beserta Syarat Mudahnya

ILUSTRASI. Panduan Cara Jual Foto di Internet beserta Syaratnya. Foto Dok?Shutterstock


TIPS & TRIK - JAKARTA. Cara jual foto di internet melalui platform hingga portofolio. Pengguna bisa ikuti beberapa langkah menjual properti seperti foto.

Penjualan foto di internet merupakan suatu cara untuk menjual foto secara online melalui berbagai platform atau situs web.

Dalam penjualan foto online, fotografer atau pengguna yang memiliki foto akan memasukkan foto ke dalam situs atau platform untuk dijual ke pelanggan.

Sehingga, kini kebutuhan foto juga semakin luas seperti untuk berbagai keperluan, seperti editorial, periklanan, desain grafis, dan lain-lain.

Baca Juga: Ini 2 Cara Mengubah Username Shopee beserta Syaratnya

Cara jual foto di internet

Syarat jual foto online dapat bervariasi tergantung pada platform yang digunakan.

Syarat Jual Foto di Internet

Namun, secara umum, ada beberapa persyaratan dasar yang harus dipenuhi untuk menjual foto online, yaitu:

  1. Kepemilikan hak cipta: Anda harus memiliki hak cipta atas foto-foto yang Anda jual. Anda tidak diperbolehkan menjual foto yang bukan milik Anda atau foto yang melanggar hak cipta milik orang lain.
  2. Kualitas foto: Foto yang dijual harus memiliki kualitas yang baik, tajam, dan tidak buram. Foto juga harus memenuhi standar kualitas platform atau situs yang digunakan untuk menjualnya.
  3. Kesesuaian konten: Konten foto harus sesuai dengan kategori atau tema yang ditawarkan oleh platform atau situs yang digunakan. Sebagai contoh, foto yang dijual di situs stok foto harus sesuai dengan kategori seperti bisnis, kesehatan, teknologi, dll.
  4. Persetujuan model atau property release: Jika foto yang dijual memiliki orang atau properti di dalamnya, maka Anda harus memperoleh persetujuan dari pemilik atau model sebelum menjualnya.
  5. Pengisian metadata: Metadata yang lengkap harus diisi, termasuk judul, deskripsi, dan kata kunci untuk membantu pembeli menemukan foto Anda dengan mudah.
  6. Aktifkan Paypal: Beberapa situs maupun klien dari luar negeri memerlukan fitur pembayaran melalui Paypal.

Mendaftar sebagai penjual: Anda harus mendaftar sebagai penjual di platform atau situs yang Anda pilih dan mengikuti proses verifikasi akun yang diperlukan.

Berikutnya, Anda perlu memperhatikan beberapa tahapan untuk memulai penjualan foto melalui situs resmi.

Untuk menjual foto di internet, fotografer harus memahami persyaratan dan ketentuan situs atau toko online yang mereka gunakan. 

Anda juga harus memastikan bahwa foto-foto mereka memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar yang dituju.

Baca Juga: Cara Daftar Akun TikTok Shop hingga Berjualan melalui 2 Tahapan

Cara jual foto di Internet

Ada beberapa cara jual foto di internet, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Jual foto melalui situs stok foto

Anda dapat bergabung dengan situs stok foto seperti Shutterstock, iStock, dan Adobe Stock. Anda dapat mengunggah foto-foto Anda dan menjualnya di sana. Setiap kali foto Anda diunduh oleh seseorang, Anda akan mendapatkan sebagian dari uang yang dibayar oleh pelanggan.

2. Jual foto melalui toko online

Anda dapat membuat toko online di situs seperti Etsy atau Shopify untuk menjual foto-foto secara langsung kepada pelanggan. Anda juga dapat mempromosikan toko Anda di media sosial untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

3. Jual foto melalui portofolio di situs web

Anda dapat membuat situs web portofolio sendiri untuk memamerkan foto-foto dan menawarkan layanan fotografi kepada klien potensial. Anda dapat menawarkan foto-foto untuk keperluan editorial, periklanan, atau keperluan bisnis lainnya.

4. Jual foto melalui ke klien langsung

Anda juga dapat menawarkan layanan fotografi Anda secara langsung ke klien seperti perusahaan atau individu. Anda dapat menawarkan layanan fotografi event, produk, atau portofolio.

Cara jual foto melalui Shuttestock

Sebagai contoh berikut ini cara menjual foto melalui Shutterstock. Cek syarat sebagai kontributor agar memenuhi persyaratan dan ketentuan, seperti pembagian komisi dan syarat lainnya.

  • Kunjungi situs web Shutterstock.
  • Buat akun Shutterstock.
  • Klik Register.
  • Lakukan verifikasi email Anda dan masuk ke akun Anda.
  • Siapkan foto Anda sesuai format terbaik.
  • Unggah foto.
  • Sistem akan memproses foto untuk cek kualitas dan kecocokan.
  • Masukkan harga sesuai kebijakan harga minimum dan maksimum untuk setiap foto yang dijual.
  • Nantinya pengguna perlu menunggu persetujuan.

Shutterstock akan memeriksa foto dan memutuskan apakah akan menyetujui foto Anda atau tidak. Jika foto Anda disetujui, foto tersebut akan tersedia.

Pengguna memerlukan juga akun Paypal sebagai layanan pembayaran dalam valuta asing.

Pastikan bahwa foto-foto yang diunggah memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan persyaratan Shutterstock.

Dalam penjualan foto di Shutterstock, sangat penting untuk mengisi metadata dengan lengkap untuk membantu pembeli menemukan foto Anda dengan mudah.

Shutterstock juga menyediakan saran untuk meningkatkan penjualan dan mempromosikan foto di platform.

Demikian beberapa cara jual foto di internet melalui berbagai langkah mudah dan praktis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru