Pangkas Berat Badan dengan Air Putih, Bagaimana Caranya?

Sabtu, 04 Februari 2023 | 09:45 WIB Sumber: Kompas.com
Pangkas Berat Badan dengan Air Putih, Bagaimana Caranya?


KESEHATAN - JAKARTA. Simak cara menurunkan berat badan secara alami. Cara menurunkan berat badan secara alami bisa dilakukan dengan olahraga dan minum air putih.

Di tengah gaya hidup tidak sehat, orang perlu mengetahui cara menurunkan berat badan secara alami. Pasalnya, gaya hidup tidak sehat menjadikan banyak orang obesitas.

Cara menurunkan berat badan secara alami perlu dilakukan agar tidak obesitas atau kegemukan. Mengingat, obesitas atau kegemukan bisa mengundang berbagai penyakit berbahaya seperti kolesterol, darah tinggi hingga jantung.

Cara menurunkan berat badan secara alami ini mudah dilakukan. Syaratnya, Anda harus melakukan cara menurunkan berat badan tersebut secara rutin dan dalam jangka waktu panjang.

Baca Juga: Mau Langsing? Ini 4 Suplemen Penurun Berat Badan Alami yang Efektif dan Aman Dicoba

Cara menurunkan berat badan dengan air putih

Mengutip Kompas.com, minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan secara alami. Melansir Medical News Today, konsumsi air putih bisa mendukung hidrasi tubuh yang sangat berguna dalam proses penurunan berat badan, termasuk mendukung sistem pencernaan dan fungsi otot.

Namun, memahami cara minum air putih untuk menurunkan berat badan perlu dipahami agar tubuh tidak terlalu banyak menyerap cairan yang nantinya akan berbahaya untuk kesehatan.

Berikut cara menurunkan berat badan dengan minum air putih

1. Memperhatikan asupan air putih per hari

Konsumsi air putih yang cukup bisa membantu tubuh untuk mencerna makanan dan membakar lemak dengan lebih baik. Penelitian yang dimuat pada Obesity Journal pada tahun 2008 menunjukkan bahwa konsumsi air putih selama 12 bulan pada wanita dengan berat badan berlebih ternyata berhasil dalam mengurangi hingga 2 kg berat badan.

Healthline juga menjelaskan bahwa minum air putih dingin lebih disarankan karena kalori akan digunakan untuk menghangatkan badan sehingga berat badan juga akan semakin berkurang.

Menurut WebMD, air putih bisa mendukung kinerja ginjal untuk menyaring nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, serta menghindarkan dari konstipasi. Namun, konsumsi air putih yang berlebihan bisa berbahaya karena ginjal tidak bisa membuang kelebihan air tersebut sehingga perut akan terlihat buncit.

Solusinya adalah dengan memperhatikan seberapa banyak air putih yang dikonsumsi. Anjuran minum air putih per hari adalah sebanyak 8 gelas, namun ternyata jumlah tersebut bisa terlalu banyak dan bisa terlalu sedikit untuk beberapa orang.

Medical News Today menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang akan menentukan banyak sedikitnya konsumsi air putih, seperti tingkat aktivitas, umur, ukuran tubuh, temperatur, kelembapan, paparan sinar matahari, dan kondisi kesehatan.

Untuk lebih mudahnya, WebMD menyarankan untuk selalu memperhatikan warna urin untuk mengetahui apakah asupan air yang masuk ke dalam tubuh masih kurang atau tidak. Urin yang tidak berwarna atau berwarna kuning terang tanpa ada bau yang menyengat menunjukkan bahwa konsumsi air sudah cukup.

Sebaliknya jika urin berwarna lebih gelap dan ada bau yang lebih menyengat, maka Anda disarankan untuk minum air putih lebih banyak lagi.

 2. Mengganti minuman berpemanis dengan air putih

Minuman berpemanis tambahan memang terasa lebih enak jika dibandingkan dengan air putih. Tetapi menurut Healthline, minuman dengan pemanis tambahan tidak akan membuat perut terasa lebih kenyang dan malah berkontribusi dalam menambah berat badan.

Penelitian yang dimuat dalam International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders pada tahun 2000 menunjukkan bahwa minuman berpemanis meningkatkan penambahan konsumsi kalori 17 persen lebih banyak daripada sebelumnya.

Anda yang ingin menurunkan berat badan kemudian disarankan untuk mengganti konsumsi minuman berpemanis dengan satu gelas air putih.

3. Minum air putih sebelum makan

Minum air putih sebelum makan juga akan membantu dalam menurunkan berat badan karena nafsu makan bisa ditekan. Medical News Today menjelaskan bahwa minum air putih sebelum makan bisa membuat perut lebih terasa kenyang dan rasa lapar bisa dihindari.

Hal ini sudah diteliti oleh para ahli dari Amerika dalam Obesity Journal di tahun 2010. Pada penelitian ini, 48 orang paruh baya dibagi menjadi dua kelompok dan salah satunya diminta untuk minum 500 ml air putih sebelum minum selama 12 minggu.

Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok tersebut berhasil menurunkan berat badan hingga 2 kg jika dibandingkan dengan kelompok yang lain.

Healthline menjelaskan bahwa ada banyak penelitian mengenai konsumsi air putih sebelum makan, namun subjek penelitiannya mayoritas adalah orang-orang paruh baya.

Meskipun belum banyak penelitian yang menunjukkan keberhasilan minum air putih untuk subjek dengan usia lebih muda, namun cara ini tidak ada salahnya untuk dicoba.

Itulah berbagai cara menurunkan berat badan secara alami dengan olahraga dan minum air putih. Selamat mencoba.

Cara menurunkan berat badan dengan olahraga

Dilansir dari Kompas.com, berikut cara menurunkan berat badan dengan olahraga pilihan:

1. Berjalan kaki

Cara menurunkan berat badan secara alami yang pertama adalah dengan olahraga jalan kaki. Berjalan kaki adalah salah satu jenis olahraga yang mudah untuk dilakukan dan sangat cocok untuk pemula.

Berjalan kaki selama 30 menit setiap 3 hingga 4 kali seminggu ternyata bisa membakar kalori lebih banyak dan mengurangi lemak tubuh serta lingkar pinggang.

2. Jogging atau berlari

Cara menurunkan berat badan secara alami yang kedua adalah dengan olahraga jogging atau berlari. Meskipun hampir sama, kecepatan antara jogging dan berlari sedikit berbeda.

Namun, keduanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan jika dilakukan setidaknya 20 menit setiap 3 hingga 4 kali seminggu. Jogging atau berlari tidak perlu selalu dilakukan di ruang terbuka karena juga bisa dilakukan di treadmill dengan alas yang empuk sehingga lebih ramah untuk persendian.

3. Bersepeda

Cara menurunkan berat badan secara alami yang ketiga adalah dengan olahraga bersepeda. Bersepeda bisa meningkatkan kebugaran dan menurunkan berat badan. Dijelaskan juga bahwa bersepeda selama 30 menit dengan kecepatan menengah bisa membakar hingga 288 kalori.

4. Angkat beban

Cara menurunkan berat badan secara alami yang keempat adalah dengan olahraga angkat beban. Selain bisa meningkatkan kekuatan, olahraga angkat beban bisa membakar 108 kalori per 30 menit.

Bahkan, tubuh akan terus membakar kalori selama beberapa jam setelah melakukan olahraga angkat beban jika dibandingkan dengan olahraga aerobik.

Baca Juga: Berat Badan Turun Cepat dalam 1 Minggu dengan Aman, Ini Caranya

5. High intensity interval training (HIIT)

Cara menurunkan berat badan secara alami yang kelima adalah dengan olahraga HIIT. HIIT adalah jenis olahraga yang menggabungkan olahraga intens dengan waktu pemulihan.

Biasanya, HIIT hanya berlangsung selama 10 hingga 30 menit dan sudah terbukti bisa membakar lebih banyak kalori sehingga bisa menurunkan berat badan lebih efektif. HIIT juga bisa dilakukan untuk membakar lemak perut sehingga bisa terhindar dari beberapa penyakit kronis.

6. Berenang

Cara menurunkan berat badan secara alami yang keenam adalah dengan olahraga renang. Berenang bisa menurunkan berat badan, namun gaya renang tertentu dinilai lebih efektif untuk membakar kalori, seperti gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya bebas.

Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, berenang juga disarankan sebagai salah satu jenis olahraga untuk mereka yang mengalami cedera atau nyeri sendi.

7. Yoga

Cara menurunkan berat badan secara alami yang ketujuh adalah dengan olahraga yoga. Yoga tidak hanya berguna untuk menurunkan stres, tapi juga termasuk olahraga yang efektif menurunkan berat badan. Disebutkan bahwa melakukan yoga selama 30 menit bisa membakar hingga 144 kalori.

8. Pilates

Cara menurunkan berat badan secara alami yang kedelapan adalah dengan olahraga pilates. Pilates bisa menurunkan berat badan meskipun tidak seefektif olahraga aerobik. Meskipun begitu, melakukan pilates selama 90 menit setiap 3 kali seminggu bisa mengurangi lingkar pinggang, perut, dan panggul. (Ria Apriani Kusumastuti)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Rekomendasi Olahraga Pagi untuk Menurunkan Berat Badan" dan "3 Cara Minum Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru