Pas menjadi penurun berat badan, ini 5 manfaat jeruk nipis

Kamis, 03 Juni 2021 | 18:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pas menjadi penurun berat badan, ini 5 manfaat jeruk nipis

KONTAN.CO.ID - Tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat jeruk nipis yang berguna untuk kesehatan Anda? Cara mendapatkannya pun tak sulit. Anda bisa mencampur air perasan jeruk nipis dengan air lalu mengonsumsinya secara rutin.

Ada berbagai macam kandungan jeruk nipis yang bisa Anda peroleh. Mengutip dari Medical News Today, Anda bisa mendapat 22 mg kalsium, 68 mg kalium, dan 19.5 mg vitamin C dengan mengonsumsi sebuah jeruk nipis dengan diameter 2 inci.

Tentu saja kandungan itu bisa memenuhi kebutuhan tubuh sehingga kesehatan terjaga.

Meski ada banyak manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, usahakan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengonsumsinya secara rutin. Tujuannya agar tak ada efek samping yang tidak Anda inginkan terjadi.

Menurunkan berat badan

Manfaat air jeruk nipis yang pertama adalah cocok dijadikan cara menurunkan berat badan. Bukan tanpa alasan, jeruk nipis hanya mengandung 20 kalori sehingga bisa dimasukkan dalam menu diet.

Selain itu, asam sitrat dalam jeruk nipis pun efektif meningkatkan metabolisme tubuh sehingga ada lebih banyak kalori yang terbakar.

Baca Juga: Infused water jeruk nipis efektif menurunkan asam urat tinggi

Menurunkan jumlah gula darah

Manfaat jeruk nipis selanjutnya cocok didapatkan oleh penderita diabetes. Jenis jeruk itu mampu menurunkan jumlah gula darah karena memiliki banyak vitamin C.

Dengan demikian, rutin mengonsumsi jeruk nipis berpengaruh baik pada penderita diabetes.

Mencegah terbentuknya batu ginjal

Manfaat minum air jeruk nipis lainnya, menurut Medical News Today, mencegah terbentuknya batu ginjal. Asam sitrat dan vitamin C dalam jeruk nipis efektif menghancurkan penumpukan mineral yang berpotensi menjadi batu ginjal.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat jeruk nipis berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah bahan alami itu mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Kegunaan jeruk nipis itu berasal dari banyaknya mineral penting yang terkandung di dalamnya, seperti magnesium dan kalium.

Kalium dapat memperlancar aliran darah sehingga tekanan darah menjadi lebih terkontrol. Tak berhenti sampai di situ, jeruk nipis pun mampu menurunkan jumlah kolesterol yang terdapat dalam tubuh.

Namun, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan efek tersebut.

Baca Juga: Segar dan kaya antioksidan, ini infused water yang bisa menurunkan darah tinggi

Menjaga kesehatan kulit

Salah satu manfaat jeruk nipis adalah menjaga kesehatan kulit.

Khasiat jeruk nipis juga berpengaruh pada kesehatan kulit, lo. Dengan pemakaian rutin, vitamin C dan antioksidan yang terdapat dalam jeruk nipis efektif mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan. Misalnya, noda hitam, kerutan, garis halus.

Selanjutnya: Baik untuk pencernaan, ini minuman yang bisa membantu menurunkan berat badan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru