Pekerja Bisa Coba, Ini Cara Menerapkan Work Life Balance Buat Pekerja

Minggu, 23 April 2023 | 12:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Pekerja Bisa Coba, Ini Cara Menerapkan Work Life Balance Buat Pekerja


TIPS & TRIK -  Menerapkan work life balance penting diterapkan para pekerja agar kesehatan fisik dan mental lebih terjaga.

Melansir dari Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek, work-life balance adalah keadaan di mana seseorang bisa mengatur dan membagi tanggung jawab pekerjaan, kehidupan keluarga, dan tanggung jawab lainnya. 

Kondisi tersebut membantu agar tidak muncul konflik antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan. 

Tidak semua orang bisa membangun kondisi work-life balance yang baik. Masih ada pekerja atau pelajar yang terlalu fokus pada satu kepentingan. 

Baca Juga: Universitas Swasta Terbaik di Indonesia 2023 Versi QS AUR, Tidak Kalah dengan PTN

Contohnya seperti mahasiswa atau pekerja terlalu fokus pada pendidikan hingga menimbulkan konflik dengan kehidupan pribadi atau pekerjaan. 

Menerapkan work-life balance yang tepat bisa membawa banyak manfaat bagi diri sendiri. Manfaat yang bisa Anda dapatkan diantaranya:

  • Terhindar dari berbagai penyakit
  • Fokus dalam bekerja
  • Mengurangi stres dan jenuh
  • Meningkatkan performa kerja

Tips menerapkan work-life balance

Agar kehidupan pribadi dan pekerjaan atau pendidikan Anda tetap bisa berjalan berimbang dan baik, berikut ini tips menerapkan work-life balance yang tepat. 

1. Bekerja dengan bijak, bukan keras

Saat bekerja, Anda sebaiknya membuat prioritas dan membaginya dengan rekan kerja atau anggota tim. Dengan cara demikian, Anda bisa menghemat waktu dan fokus pada tugas yang ada. 

2. Menetapkan jam kerja

Perusahaan memang sudah menetapkan jam kerja sesuai dengan ketentuan, namun tidak ada salahnya jika Anda tetap menentukan jam kerja untuk diri sendiri. 

Tetapkan jam kerja sesuai dengan pola kerja Anda dan usahakan untuk konsisten dengan jam kerja tersebut. 

Baca Juga: Masih Dibuka, Cek Lagi Daftar Biaya Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2023

3. Jangan membawa pekerjaan ke rumah

Salah satu faktor yang menyebabkan adanya konflik antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi adalah tidak adanya batasan jam kerja. Idealnya batasi jam kerja Anda dan jangan membawa pekerjaan ke rumah.

Alasannya agar masalah pekerjaan atau kantor tidak mencampuri kehidupan pribadi. Namun, hal tersebut mungkin tidak berlaku pada beberapa pekerja seperti pekerja yang melakukan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Maka, yang bisa Anda lakukan adalah mempertegas jam kerja, saat bekerja di rumah. 

4. Rajin berolahraga

Selain menjaga jam kerja agar tidak melampaui batas, Anda juga harus menjaga tubuh tetap bugar dengan berolahraga. 

Banyak orang mengira olahraga tidak berpengaruh pada pekerjaan dan kehidupan pribadi, padahal rajin berolahraga merupakan salah satu tips agar work-life balance bisa berjalan dengan baik. 

Olahraga teratur bisa mendorong semangat dan produktivitas. Dengan demikian Anda bisa lebih tenang dan fokus saat mengerjakan sesuatu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru