Penjelasan Mengapa Bug WhatsApp Diam-Diam Mengakses Mic di HP Android

Rabu, 10 Mei 2023 | 18:02 WIB Sumber: Engadget,Engadget
Penjelasan Mengapa Bug WhatsApp Diam-Diam Mengakses Mic di HP Android


WHATSAPP - Bug WhatsApp diam-diam mengakes mic di HP Android, kok bisa? Bug WhatsApp ini dikonfirmasi oleh pihak WA sendiri dan Google yang membuat aplikasi tersebut diam-diam mengakses mic di beberapa model HP Android.

WhatsApp memang salah satu aplikasi populer dan kerap kali digunakan oleh pengguna ponsel pintar. Sebagai aplikasi yang memudahan untuk berkomunikasi dengan segala kemudahan dan fitur yang ditawarkan, hal tersebut membuat WhatsApp diminati oleh pengguna ponsel pintar.

Meski mengusung fitur yang lengkap dan penggunaannya yang mudah, baru-baru ini ditemukan bug WhatsApp yang bikin pengguna geger.

Seperti yang dikutip dari Engadget, pemilik akun Twitter @Foad Dabiri yang bekerja sebagai engineer di Twitter melaporkan bahwa aplikasi WhatsApp di HP Android memperlihatkan kejanggalan. WhatsApp yang berjalan di HP Android miliknya mencatat aktivitas yang janggal, di mana ketika tertidur aplikasi tersebut mengakes mic diam-diam.

WhatsApp

Baca Juga: WhatsApp Web Kini Punya Fitur Edit Pesan, Pengguna Beta Bisa Menjajal Lebih Awal

Tercatat bahwa WhatsApp secara terus menerus mengakses mic di HP Android secara diam-diam. Berikut screenshot yang dibagikan oleh Foad Dabiri lewat cuitan Twitternya.

Awalnya, cuitan Foad Dabiri tidak terlalu digubris oleh pihak WhatsApp, namun bos Twitter, yakni Elon Musk membuat retweet yang mengatakan "WhatsApp cannot be trusted".

Tak selang berapa lama, pihak WhatsApp akhirnya menanggapi permasalahan bug tersebut. Menurut pihak perusahaan, bug WhatsApp ini terjadi bukan karena aplikasi yang mengakses mic atau mikrofon secara diam-diam.

Pihak perusahaan juga meminta Google untuk menginvestigasi dan memulihkan bug yang terjadi pada aplikasi WhatsApp itu. Pihak WhatsApp juga menegaskan bahwa pengguna memiliki kontrol penuh atas pengaturan mikrofon mereka setelah diberikan izin.

Baca Juga: Map Honkai: Star Rail, Begini Cara Menggunakan Peta Interaktif

Aplikasi WhatsApp hanya mengakses mikrofon ketika pengguna melakukan panggilan atau merekam catatan suarau atau video dan bahkan komunikasi ini juga telah dilapisi dengan enkripsi end-to-end sehingga tidak bisa didengarkan oleh pihak perusahaan.

Sementara itu, pihak lain yang kerap kali membahas tentang WhatsApp yaitu WABetainfo sempat menyoroti bug tersebut sebulan lalu. Pada saat itu, dia menggambarkan sebagai "false positive" yang memengaruhi pemilik beberapa model HP Android, seperti Pixel dan Samsung.

Mereka menambahkan bahwa restart HP Android merupakan salah satu solusi yang mungkin untuk terhindar dari hal tersebut.

Di masa yang akan datang pihak Google dan WhatsApp akan bekerja sama untuk menyelidiki bug atau permasalahan di kemudian hari jika terjadi hal serupa.

Coba cek HP Android Anda, apakah mengalami hal serupa? Mungkin dengan melakukan restart HP Android bisa menjadi salah satu solusinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru