Penjelasan WhatsApp Channel dan Kegunaannya, Fitur ini Sekarang Sudah Tersedia

Sabtu, 02 September 2023 | 08:10 WIB   Penulis: Arif Budianto
Penjelasan WhatsApp Channel dan Kegunaannya, Fitur ini Sekarang Sudah Tersedia


WhatsApp Channel - Inilah penjelasan WhatsApp channel dan kegunaannya, fitur ini sekarang sudah tersedia. Fitur WhatsApp yang terbaru ini memungkinkan pengguna untuk bergabung ke sebuah Saluran atau Channel agar dapat menerima info terkini dari orang-orang dan oraganisasi langsung di aplikasi tersebut.

Jangan kaget kalau di WhatsApp sekarang chat yang menampilkan centang hijau dan mengundang Anda untuk bergabung ke dalam sebuah komunitas. Hal itu menandakan bahwa fitur WhatsApp yang terbaru, yaitu Channel atau Saluran sudah tersedia.

Centang hijau di WhatsApp sebenarnya menandai sebuah akun atau kontak yang telah diverifikasi. Lencana hijau atau centang hijau yang muncul di samping nama kontak mengonfirmasi bahwa akun tersebut merupakan akun bisnis yang autentik dan dikenal.

Kembali lagi membahas WhatsApp Channel, pengguna dapat bergabung ke sebuah Saluran atau Channel untuk menemukan update terkini dari sebuah organisasi atau komunitas. Pihak WhatsApp menjelaskan bahwa, fitur Saluran atau Channel adalah sebuah cara simpel, andal, dan privat yang dapat digunakan untuk menerima info terkini dari orang-orang dan organisasi, langsung di dalam aplikasi WhatsApp itu sendiri.

Penjelasan dan Kegunaan Fitur WhatsApp Channel

WhatsApp

Pada fitur WhatsApp Channel, pengguna akan menemukan Status dan saluran yang Anda ikuti. Fitur ini terpisah dengan menu obrolan, panggilan dan komunitas di aplikasi WhatsApp.

Kegunaan fitur Saluran atau Channel adalah sebagai fitur satu arah bagi admin untuk mengirim teks, foto, video, stiker, dan polling. Pengguna dapat bergabung atau mengikuti saluran berdasrkan hobi, tim olahraga, informasi terbaru dari otoritas setempat dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Aplikasi WhatsApp Mac Versi Terbaru Mendukung Panggilan Grup, ini Link Download Resmi

Untuk mengikuti sebuah Saluran atau Channel di WhatsApp juga cukup mudah, pengguna dapat mengunjungi tautan undangan yang dikirim melalui chat, email, atau diposting secara online.

Soal keamnan dan privasi, pihak WhatsApp mengungkapkan bahwa mereka memiliki visi untuk membangun layanan siaran yang paling privat. Langkah tersebut dimulai dengan melindungi informasi pribadi admin dan pengikut.

Sebagai admin saluran, nomor telepon dan foto profil tidak akan ditampilkan kepada pengikut. Sebaliknya, nomor telepon pengguna juga tidak akan diungkapkan kepada admin dan pengikut lainnya mengikuti sebuah Saluran atau Channel.

Pengguna juga berhak memutuskan untuk mengikuti Saluran atau Channel tertentu sepenuhnya.

Baca Juga: Sekarang Bisa Kirim Video HD di WhatsApp, Tapi Bagaimana Caranya? Simak di Sini

Masih berkaitan dengan admin Saluran atau Channel di WhatsApp, mereka juga memiliki opsi untuk memblokir tangkapan layar atau screenshot dan pesan yang diteruskan dari Saluran atau Channel mereka. Dengan demikian, pengguna yang mengikuti Saluran atau WhatsApp Channel tersebut tidak bisa mengambil tangkapan layar atau screenshot maupun membagikan pesan ke orang lain.

Terakhir, WhatsApp menambahkan bahwa admin juga dapat memutuskan siapa saja yang dapat mengikuti saluran mereka dan apakah mereka ingin saluran tersebut muncul dalam direktori atau tidak.

Bagaimana menurut Anda? Sudahkah mencoba fitur WhatsApp Channel ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru